Sudah Bertemu Trump, Microsoft Lanjutkan Rencana Beli TikTok

Kompas.com - 03/08/2020, 12:00 WIB
ilustrasi Microsoft cnet.comilustrasi Microsoft

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Microsoft pada Minggu (2/8/2020) mengonfirmasi, mereka sedang dalam pembicaraan untuk membeli operasional TikTok di Amerika Serikat ( AS).

Pembicaraan dilakukan Microsoft dengan perusahaan China ByteDance selaku pemilik TikTok, usai berdiskusi dengan Presiden Donald Trump.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip Associated Press (AP) Senin (3/8/2020) Microsoft mengatakan, pihaknya dan ByteDance telah mengungkap rencana untuk mengambilalih operasional TikTok di AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Microsoft berharap pembicaraan ini bisa selesai pada 15 September.

Baca juga: Menteri Keuangan AS: TikTok Harus Dijual atau Diblokir di Sini

Sebelumnya pada Jumat (31/7/2020) Trump berkata hendak memblokir TikTok di "Negeri Paman Sam", karena berpeluang membahayakan keamanan nasional.

Trump menuding TikTok dipakai pemerintah China sebagai alat untuk memata-matai AS melalui data penggunanya.

CEO Microsoft Satya Nadella bersama Trump kemudian membicarakan rencana untuk membeli operasional TikTok di AS.

"Microsoft sepenuhnya menghormati kekhawatiran Presiden. Kami berkomitmen mengakuisisi TikTok dengan mematuhi tinjauan keamanan sepenuhnya, dan memberikan manfaat ekonomi yang tepat untuk AS, termasuk Departemen Keuangan Amerika Serikat," demikian bunyi pernyataan dari Microsoft yang dikutip AP.

Baca juga: Diancam Bakal Diblokir Trump, Begini Serangan Balik TikTok


Namun Gedung Putih belum memberi tanggapan atas pernyataan Microsoft.

Microsoft dalam pernyataannya mengatakan, akan mengundang investor AS lainnya untuk berpartisipasi secara minoritas dalam pembelian TikTok. Akan tetapi ketentuan finansialnya tak dibeberkan ke publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X