Saat Digeledah, Gadis Ini Diminta Lepas Pembalut oleh Polisi Sydney

Kompas.com - 22/07/2020, 14:26 WIB
Petugas polisi di Sydney dilaporkan menggeledah telanjang 2 orang wanita tahun lalu dan meminta salah satu dari wanita itu untuk melepas pembalutnya. Penggeledahan telanjang kerap dilakukan polisi untuk memeriksa adanya sindikat narkoba baik pengedar mau pun pemakai. BBCPetugas polisi di Sydney dilaporkan menggeledah telanjang 2 orang wanita tahun lalu dan meminta salah satu dari wanita itu untuk melepas pembalutnya. Penggeledahan telanjang kerap dilakukan polisi untuk memeriksa adanya sindikat narkoba baik pengedar mau pun pemakai.

CANBERRA, KOMPAS.com - Sebuah laporan penegak hukum mengatakan adanya penyalahgunaan wewenang yang dilakukan polisi saat melakukan penggeledahan sindikat narkoba di Sydney tahun lalu.

Salah satunya, polisi meminta seorang wanita muda untuk melepas pembalutnya selama penggeledahan telanjang.

Sebagian besar penggeledahan telanjang diketahui kerap dilakukan pada acara festival musik. Mereka yang digeledah sering merasa dihinakan dan direndahkan berdasarkan laporan tersebut.

Kepolisian New South Wales kemudian akan mempertimbangkan temuan laporan itu.

Komisi Penegak Hukum kemudian meminta polisi yang melakukan penggeledahan telanjang terhadap wanita itu untuk meminta maaf. Petugas polisi itu juga ditangguhkan dari jabatannya.

Kasus itu ditinjau setelah orangtua dari wanita yang digeledah dengan tidak pantas itu mengajukan keluhan.

Pertanyaan mengenai legalitas penggeledahan telanjang, yang menargetkan pengedar narkoba adalah masalah yang kerap terjadi menurut laporan itu.

Publik juga meminta agar praktik penggeledahan dapat direformasi menjadi lebih baik.

Baca juga: Bocah Laki-laki Ini Diseret Hiu dari Perahu, Kasus Fatal Ke-5 Tahun Ini di Australia

Seperti apa penggeledahan yang kontroversial ini?

Pada Januari 2019, petugas polisi menggeledah 2 wanita muda di luar kasino di kota Sydney, Australia. Salah satu dari mereka diminta petugas untuk melepas pembalutnya.

Peristiwa seperti itu kerap terjadi di mana pengaduan terus bertambah dan tidak ada obat yang ditemukan dalam penggeledahan.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X