Penyakit Lawas Zaman Perang Dunia I Muncul Lagi di Amerika Serikat

Kompas.com - 21/07/2020, 16:59 WIB
Ilustrasi Kutu Shutterstock.comIlustrasi Kutu

DENVER, KOMPAS.com - Sebuah penyakit lawas dari zaman Perang Dunia I kembali muncul di Denver, Negara Bagian Colorado, Amerika Serikat ( AS).

Demam parit, nama penyakit langka itu, dulu ditularkan oleh kutu di tubuh para prajurit Perang Dunia I.

Lalu kasus ketiga demam parit tahun ini dikonformasi oleh Michelle Barron, direktur medis pencegahan dan pengendalian infeksi di Rumah Sakit Universitas UC Health Colorado.

Baca juga: G4, Flu Babi Jenis Baru yang Muncul di China dan Bisa Jadi Pandemi

"Dua (kasus) selalu menjadi wabah, dan kemudian ketika kami menemukan yang ketiga, oke kita jelas sedang mengalami sesuatu," ucap Barron dikutip dari The Daily Beast Senin (20/7/2020).

Barron melanjutkan, dia belum pernah melihat kasus itu selama 20 tahun.

Ia lalu menghubungi pejabat kesehatan masyarakat Colorado, yang kemudian mengeluarkan peringatan pada Kamis (16/7/2020).

Peringatan dikeluarkan setelah dugaan kasus keempat telah diidentifikasi, dan para dokter diminta untuk mewaspadai kasus-kasus lainnya.

Baca juga: Kenapa Virus G4 Flu Babi Baru Berpotensi Jadi Pandemi? Ini 7 Alasannya

Demam parit ditandai oleh demam berulang, nyeri tulang (terutama di tulang kering), sakit kepala, mual, muntah, dan perasaan gelisah.

Beberapa dari mereka yang terinfeksi dapat mengalami lesi kulit, atau infeksi katup jantung yang berisiko kematian.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Bartonella quintana, kerabat dekat serangga yang juga menyebabkan demam kucing.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X