Koran 1966 Saksi Bisu Jatuhnya Air India Ditemukan, Mendiang Indira Gandhi Muncul Lagi

Kompas.com - 14/07/2020, 14:58 WIB
Koran National Herald terbitan 1966 menampilkan berita terpilihnya Indira Gandhi sebagai PM India. Koran ini merupakan saksi bisu jatuhnya pesawat Air India pada 24 Januari 1966, yang menewaskan semua 117 orang di dalamnya. AFP/BERNARD BARRONKoran National Herald terbitan 1966 menampilkan berita terpilihnya Indira Gandhi sebagai PM India. Koran ini merupakan saksi bisu jatuhnya pesawat Air India pada 24 Januari 1966, yang menewaskan semua 117 orang di dalamnya.

PARIS, KOMPAS.com - Koran India terbitan 1966 yang diyakini menjadi saksi bisu jatuhnya Air India, ditemukan di Pegunungan Alpen Perancis.

Koran itu "muncul" setelah es gletser Mont Blanc mencair.

Koran-koran tersebut dipercaya adalah barang-barang milik penumpang Air India. Pesawat itu jatuh pada 24 Januari 1966 dan menewaskan semua 117 orang di dalamnya.

Baca juga: Siap Luncurkan Pesawat ke Mars, Uni Emirat Arab Akan Cetak Sejarah

Halaman depan koran memberitakan pemilihan Indira Gandhi. Sampai sekarang, hanya dia perempuan yang pernah menjabat Perdana Menteri India.

Pemilik restoran di lokasi setempat menemukan sekitar belasan surat kabar, termasuk National Herald dan Economic Times.

Timothee Mottin misalnya, yang restorannya berada di dekat resor ski Chamonix.

Ia mengatakan kepada kantor berita AFP, "Koran-koran itu mengering sekarang tetapi kondisinya sangat baik. Anda bisa membacanya."

Baca juga: Insiden Salah Tembak Pesawat Ukraina, Iran Sebut Adanya Human Error

Mottin melanjutkan, begitu koran-koran tersebut sudah mengering, benda-benda bersejarah itu akan dipajang di restorannya, melengkapi koleksi barang dari kecelakaan Air India yang dia temukan dari waktu ke waktu.

Temuan bernilai tertinggi dari kecelakaan itu ditemukan pada 2013, yakni sekotak perhiasan berisi batu zamrud, safir, dan rubi.

Diperkirakan batu-batu perhiasan itu bernilai antara 130.000-246.000 euro (Rp 2,1-4 miliar).

Baca juga: Demi Bertemu Trump, Presiden Meksiko Rela Naik Pesawat Ekonomi

Halaman:

Sumber BBC,AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X