Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain India, Ini Daftar Negara yang Bersengketa Wilayah dengan China

Kompas.com - 27/06/2020, 14:33 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber India TV

KOMPAS.com - Tidak hanya India, China rupanya punya banyak perselisihan soal perbatasan dan wilayah dengan negara lainnya.

Perselisihan di perbatasan antara tentara India dan tentara Kebebasan Rakyat China (PLA) telah memicu sentimen anti-China di India.

Seruan untuk boikot produk China menggaung dari kalangan elit politik terkemuka sampai rakyat biasa di India.

Kasus persengketaan lahan perbatasan antara China-India memang telah berlangsung lama namun kasus itu bukan satu-satunya yang dimiliki China.

Pemerintah China memiliki konflik persengketaan perbatasan dan wilayah dengan 18 negara termasuk India. Berikut ini daftar negara yang bersengketa dengan China berdasarkan laporan IndiaTV:

Baca juga: Konflik Perbatasan Ancam Kerja Sama Bisnis India dengan China

1. Jepang

Bagian Laut China Selatan khususnya Kepulauan Senkaku, Kepulauan Ryukyu diklaim oleh Jepang dan China yang saling berselisih tentang batas wilayah tersebut.

2. Vietnam 

China mengklaim sebagian besar Vietnam sebagai preseden sejarah (Dinasti Ming 1368-1644). Juga Bantaran Macclesfield, Kepulauan Paracel, bagian dari Laut China Selatan dan Kepulauan Spratly.

3. India

China menempati 38.000 kilometer persegi wilayah India dengan nama Aksai Chin. China juga mengklaim Arunachal Pradesh dan Ladakh. Sikap ekspansi inilah yang menyebabkan bentrokan baru-baru ini antara PLA dan Angkatan Darat India.

4. Nepal

China mengklaim bagian dari Nepal yang berasal dari Perang Sino-Nepal pada 1788-1792. China mengklaim bahwa mereka adalah bagian dari Tibet oleh karenanya wilayah itu merupakan bagian dari China.

5. Korea Utara

Wilayah yang dipersengketakan adalah gunung Baekdu dan Jiandao. China juga terkadang mengklaim seluruh Korea Utara atas dasar sejarah (Dinasti Yuan, 1271-1368).

Baca juga: Buntut Konflik Perbatasan, Hotel-hotel New Delhi Tolak Tamu dari China

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com