Hilang 70 Tahun, Jenazah Tentara AS Saat Perang Korea Ditemukan Trump di Korut

Kompas.com - 27/06/2020, 13:16 WIB
Peringatan ke-70 Perang Korea di Cheorwon, Korea Selatan, dekat Zona Demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea. Foto diambil pada 25 Juni 2020. REUTERS/KIM HONG-JIPeringatan ke-70 Perang Korea di Cheorwon, Korea Selatan, dekat Zona Demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea. Foto diambil pada 25 Juni 2020.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Jenazah tentara Amerika Serikat ( AS) yang tewas saat Perang Korea dan hilang selama 70 tahun, berhasil ditemukan di Korea Utara.

Keluarga korban tentara dari Massachusetts itu kemudian memuji Presiden Donald Trump atas bantuan menemukan jenazahnya.

Thomas J Redgate yang berpangkat Letnan Satu Angkatan Darat masih berusia 24 tahun ketika diperkirakan tewas pada 11 Desember 1950.

Baca juga: 5 Fakta 70 Tahun Perang Korea

Saat itu unit artilerinya diserang pasukan musuh di dekat Waduk Chosin, Korea Utara, kata para pihak berwenang yang dikutip New York Post Jumat (26/4/2020).

Akan tetapi jenazah Redgate baru ditemukan pada awal tahun ini, setelah Trump "menggencarkan pencarian" usai pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un pada 2018.

Keterangan itu disampaikan oleh keluarga korban kepada Boston Herald.

"Tanpa Presiden Trump, ini tidak akan pernah terjadi," kata Andrew Redgate keponakan Thomas Redgate.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Perang Korea Dimulai, Tewaskan Jutaan Warga Sipil dan Militer

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X