Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bundesliga Mulai Lagi dan Dihadiri "Penonton Kardus"

Kompas.com - 16/05/2020, 21:18 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

BERLIN, KOMPAS.com - Bundesliga kembali bergulir akhir pekan ini, setelah 2 bulan dihentikan karena pandemi virus corona. Menariknya, sejumlah laga Bundesliga akan dihadiri "penonton kardus".

Kasta tertinggi liga sepak bola Jerman ini adalah liga top Eropa pertama yang dimulai lagi, meski wabah Covid-19 belum usai.

Sejumlah inovasi dan peraturan baru pun diterapkan, salah satunya adalah "penonton kardus" yang dihadirkan oleh Borussia Monchengladbach (selanjutnya: Gladbach).

Baca juga: Dampak Corona: Tidak Ada Pertandingan, Media Sepak Bola Isi Siaran dengan Kenangan

Dilansir dari situs web resmi Bundesliga, suporter Gladbach telah memesan lebih dari 12.000 kardus untuk menggantikan kehadiran mereka di Borussia-Park, kelak ketika Bundesliga mulai lagi.

Stadion terbesar kelima di Jerman yang menjadi kandang Gladbach ini berkapasitas 54.014 penonton.

Suporter Gladbach membayar 19 euro (Rp 306.000) untuk membeli kardus yang  ditempatkan di tribun. Kardusnya digunting oleh pihak klub sesuai dengan foto suporter di tribun.

Tak hanya bagi suporter sendiri, Gladbach juga menerima pesanan dari suporter lawan, yang ingin fotonya dipajang dalam bentuk kardus di tribun.

"Panitia dibanjiri pesanan; kami hampir tidak dapat memasang semuanya," jelas perwakilan suporter Gladbach, Thomas Weinmann.

"Tapi kami jelas senang dengan dukungan luar biasa ini."

Pertandingan Bundesliga saat pandemi ini dimainkan tanpa penonton dengan hanya dihadiri sekitar 300 staf atau ofisial. Pemain telah diberitahu untuk tidak meludah, berkumpul merayakan gol, atau menyentuh tangan rekan setim.

Beberapa klub menggunakan rekaman suara dan potongan kardus berupa foto suporter untuk menghidupkan suasana pertandingan. Sky pun berencana mewarnai suasana pertandingan dengan suara nyanyian suporter.

Baca juga: Bundesliga, Link Live Streaming Pertandingan Liga Jerman Malam Ini

Manfaatkan momentum

Dalam situasi normal, pamor Bundesliga kalah jauh dibandingkan liga-liga top Eropa lainnya seperti Liga Inggris, La Liga Spanyol, bahkan Serie A Italia.

Namun dengan penyesuaian yang dilakukan, Reuters memberitakan Bundesliga dapat mengambil momentum.

"Dengan Bundesliga sebagai satu-satunya liga yang disiarkan di TV, saya berharap kami akan menggaet 1 miliar penonton," kata CEO Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenigge kepada majalah SportBild pada Rabu (13/5/2020).

Di Inggris, BT Sport menyiarkan 9 pertandingan Bundesliga akhir pekan ini, termasuk Derbi Lembah Ruhr antara Borussia Dortmund vs Schalke 04.

Baca juga: Bundesliga Kembali Bergulir, Kambing Maskot FC Koeln Dilarang Masuk Stadion

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com