Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2020, 19:07 WIB

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Relawan yang berpakaian seperti Spiderman dan Superman menyemprotkan disinfektan virus corona di Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.

Dilansir media Reuters, Spiderman dan Superman mengapit seorang kolega lainnya yang memakai penutup kepala bersayap, yakni superhero lokal Gatotkaca yang berteriak, “Pakai masker, cuci tangan, dan tetap waspada".

Ketiganya membagikan masker, pencuci tangan dan pemukul bambu seraya menunjukkan cara mencuci tangan yang benar, cara mengenakan masker dan menjaga keamanan setelah laporan dari banyaknya pencurian di daerah permukiman.

Negara di Asia Tenggara itu telah melaporkan lebih dari 17.000 kasus infeksi virus dan 845 kematian.

Baca juga: Mengenal Rudy Spiderman asal Parepare, Konten Kreator yang Bersihkan Got dan Hapus Cat Saat Demo

Respons awal yang lamban terhadap pandemi dan tingkat pengujian yang rendah menyebabkan para ahli medis khawatir akan ada jauh lebih banyak kasus terjadi.

"(Jika) pahlawan super mendukung (tindakan), anak-anak pasti akan mematuhi perintah," kata Widanarko, yang mengoordinasikan acara yang bertujuan mengajar orang untuk melindungi diri mereka sendiri.

"Pertama, cuci tangan mereka. Kedua, tidak berkeliaran di luar dan selalu mengenakan masker wajah,” tambah Widanarko.

Orang-orang dapat menggunakan alat pemukul bambu tradisional yang dibagikan untuk membunyikan tanda bahaya apabila terjadi perampokan atau pencurian yang dilakukan penjahat dengan mengambil keuntungan dari adanya karantina, kata Widanarko yang berbicara di lingkungan Kampung Larangan.

Baca juga: Karena Keikhlasannya Bersihkan Sampah, Spiderman Parepare Dihadiahi Umrah Gratis

Seorang warga, Herni Kurniawati, menyambut baik upaya tersebut, dengan mengatakan hal itu akan mendorong orang untuk mengubah kebiasaan mereka dalam melindungi diri mereka sendiri.

“Biasanya sangat sulit untuk meminta anak-anak memakai masker karena bagi mereka itu merepotkan,” tambah Kurniawati.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di kota Makassar di pulau Sulawesi, Indonesia, sekelompok pahlawan lain sedang berjalan di jalan untuk menyampaikan pesan itu.

Mereka menantang lalu lintas di persimpangan jalan yang sibuk. Para sukarelawan berpakaian Deadpool, Black Panther dan lainnya, mengangkat plakat bertuliskan "Stay Home" dan "Get Well Soon Earth".

Baca juga: Kisah Spiderman Pemungut Sampah, Tubuh Gatal-gatal hingga Bawa Pesan Lingkungan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+