Virus Corona, Trump Minta Publik AS Bersiap akan "2 Pekan yang Menyakitkan"

Kompas.com - 01/04/2020, 17:43 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump AFPPresiden Amerika Serikat Donald Trump

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump meminta publik untuk bersiap akan "dua pekan yang menyakitkan" dan meminta mereka menaati aturan pemerintah.

Dalam konferensi pers ke Gedung Putih, dia menyebut Covid-19 sebagai "wabah", dan meminta warga mengikuti panduan social distancing diperpanjang hingga akhir April.

Melalui simulasi yang dilakukan, Gedung Putih memprediksi 100.000-240.000 orang di AS meninggal jika aturan pemerintah ditegakkan.

Baca juga: Jilat Ludahnya Sendiri, Trump: Virus Corona Bukan Flu Biasa

Berdasarkan grafik yang dipaparkan pada Selasa (31/3/2020), 2,2 juta bakal meninggal karena virus corona jika tak mengikuti social distancing.

Trump menekankan, penting bagi publik Negeri "Uncle Sam" agar ikuti aturan. Sebab, ini sudah menyangkut masalah hidup dan mati.

"Saya ingin setiap orang bersiap untuk momen sulit. Ini akan menjadi dua pekan yang sangat, sangat menyakitkan," kata dia dikutip Sky News Rabu (1/4/2020).

Presiden 73 tahun itu memprediksi, puncak dari wabah penyakit bernama Covid-19 tersebut bakal terjadi dalam dua pekan ke depan.

Peringatannya terjadi kurang dari sepekan setelah dia mengungkapkan rencana untuk membuka kembali ekonomi negara ketika Paskah.

Di konferensi pers, Trump menyebut virus corona sebagai "musuh yang tak kasat mata", dan mengaku Washington memang menahan 10.000 ventilator.

Alat bantu pernapasan itu sengaja ditahan jika kondisi buruk terjadi. "Ini akan menjadi tiga pekan yang belum pernah kami saksikan sebelumnya," ujar dia.

Baca juga: Putin Kirim Bantuan Alat Medis ke AS, Trump: Very Nice

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Sky News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X