Update Virus Corona 15 Maret: Azan di Kuwait Berbeda | Manila "Lockdown"

Kompas.com - 15/03/2020, 20:23 WIB
Menteri Kesehatan Kuwait Sheikh Basel al-Sabah (kanan) berbicara kepada pers di Bandara Sheikh Saad di Kota Kuwait, Sabtu (22/2/2020), saat warga Kuwait yang kembali dari Iran hendak dibawa ke rumah sakit untuk dites terkait virus corona. Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan. AFP/YASSER AL-ZAYYATMenteri Kesehatan Kuwait Sheikh Basel al-Sabah (kanan) berbicara kepada pers di Bandara Sheikh Saad di Kota Kuwait, Sabtu (22/2/2020), saat warga Kuwait yang kembali dari Iran hendak dibawa ke rumah sakit untuk dites terkait virus corona. Penyebaran virus corona hingga hari ini, Senin (24/2/2020), semakin menunjukkan peningkatan di sejumlah negara, seperti Italia, Iran, dan Korea Selatan.

KOMPAS.com - Sejumlah masjid di Kuwait membuat seruan azan yang berbeda dari biasanya, terkait situasi virus corona yang membuat jemaah beribadah di rumah.

Sang muazin bahkan sampai menangis, dan video azan yang viral ini sempat diunggah media Aljazeera.

Kemudian kabar dari Filipina, pemerintah memutuskan untuk menutup ibu kota Manila dalam upaya menekan penyebaran virus corona.

Petugas keamanan bersenjatakan senapan berjaga di jalanan utama, dengan penerbangan dari dan menuju ke Manila mulai ditangguhkan Minggu (15/3/2020).

Data dari Worldometers menunjukkan sampai hari ini wabah virus corona telah menjangkiti 157.849 orang di seluruh dunia.

5.846 korban (3,7 persen) meninggal dunia, sedangkan 75.954 pasien (48,1 persen) dinyatakan pulih.

1. Azan di Kuwait berbeda

Diberitakan Aljazeera, sejumlah masjid di Kuwait menyerukan azan yang berbeda, menyesuaikan kondisi terkini akibat penyebaran virus corona.

Seruan azan menjadi "shalluu fii richaaalikum, shalluu fii buyuutikum..." yang artinya, "shalatlah di dalam perjalanan (kendaraan) kalian, shalatlah di dalam rumah-rumah kalian."

Pengubahan redaksi azan terkait wabah virus corona ini sesuai keputusan Kementerian Awqaf Kuwait, yang menghentikan khutbah Jumat dan salat berjamaah di masjid sampai pengumuman selanjutnya.

Baca juga: Viral Video Azan di Kuwait Berbeda karena Wabah Virus Corona

2. Manila lockdown

Pemerintah Filipina secara resmi menutup ibu kota Manila dalam upaya memerangi virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X