Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KUTIPAN TOKOH DUNIA] Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 02/03/2020, 17:30 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

"Ketika hidup terasa sulit, orang yang berani tidak rebah dan menerima kekalahan: sebaliknya, mereka bertekad untuk berjuang menggapai masa depan yang lebih baik."

Kutipan tersebut disampaikan Yang Mulia Ratu Elizabeth II pada 2008. Saat itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Sang Ratu menyampaikan ucapan sukacita Natal.

Dia merefleksikannya sebagai perayaan kelahiran Yesus sekaligus perayaan hari lahir Pangeran Charles.

Di dalam kutipan tersebut, Ratu Elizabeth II berusaha memasukkan spirit Natal. Yakni, teladan dari Yesus dalam menghadapi Nazaret.

Yesus sering mengalami kesulitan namun tetap berhasil menjalani kehidupan dengan ramah, tidak mementingkan diri sendiri dan berkorban.

Menurut Ratu, banyak orang di dunia yang tidak terhitung jumlahnya terus merayakan Natal karena terinspirasi dari ajaran Yesus.

Dia juga menjelaskan bahwa kebahagiaan dan kepuasan manusia sejati berada pada memberi daripada menerima. Lebih banyak melayani yang lain daripada dilayani.

Ratu Elizabeth II telah berkuasa lebih dari penguasa monarki lain dalam sejarah Kerajaan Inggris. Dilansir dari biography.com, Ratu Elizabeth II menjadi ratu pada 6 Februari 1952 dan dimahkotai setahun kemudian pada 2 Juni 1953.

Sang Ratu lahir dengan nama lengkap Tuan Putri Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926 di London.

Baca juga: Hari ini dalam Sejarah: Ratu Elizabeth II Ganti Nama

Dia adalah ibu dari Pangeran Charles sekaligus nenek dari William dan Harry. Selama kepemimpinannya, dia berusaha memerintah lebih modern dan peka terhadap publik yang dinamis sambil terus mempertahankan tradisi kerajaan.

Orangtua Sang Ratu dikenal dengan gelar the Duke dan Duchess of York. Ayahnya, Pangeran Albert adalah anak kedua dari Ratu Mary dan Raja George V. Ibunya merupakan Lady Elizabeth Bowes-Lyon.

Ratu Elizabeth II memiliki ikatan dengan kebanyakan kerajaan di Eropa. Leluhur Inggrisnya termasuk Ratu Victoria yang berkuasa sejak 1837-1901, juga Raja George III yang berkuasa pada 1760-1820.

Panjang usia pemerintahan Ratu Elizabeth II yang damai ditandai dengan perubahan besar di dalam kehidupan rakyatnya, kekuatan negaranya, bagaimana kerajaan Inggris mampu dipandang dunia.

Sebagai pimpinan konstitusional, Ratu Elizabeth tidak mempertimbangkan masalah politik. Juga tidak mengungkapkan pandangan politiknya. Namun, dia sering berunding dengan Perdana Menteri Inggris.

Baca juga: Ratu Elizabeth Restui Pangeran Harry dan Meghan Markle Tinggal di Kanada

Berikut ini beberapa fakta yang perlu diketahui dari sosok Ratu Elizabeth II:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com