Pete Buttigieg Mundur dari Pilpres AS

Kompas.com - 02/03/2020, 15:50 WIB
Pete Buttigieg mundur dari pilpres AS 2020. USA TODAY NETWORK/Michael CaterinaPete Buttigieg mundur dari pilpres AS 2020.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Keputusan mundurnya datang setelah kemenangan Joe Biden di Carolina Selatan memunculkan tekanan baru bagi partai moderat untuk bisa menyusul Biden.

Pete Buttigieg (38) mantan walikota dua periode di Bend Selatan, Indiana dan pensiunan tentara Perang Afghanistan menjanjikan kemajuan politik.

Dia telah mengkritik Joe Biden dengan menyatakan bahwa pria yang berumur 77 tahun itu tidak sesuai lagi dengan kondisi politik saat ini.

Namun kritik itu justru kini lebih mengarah kepada Bernie Sanders (78). Buttigieg menang suara di kaukusus Iowa di bulan Februari dan kalah di New Hampshire.

Tapi kemenangan awal yang didominasi orang kulit putih itu tidak berlangsung di negara bagian Nevada dan Carolina Selatan.

Baca juga: Joe Biden: Trump Takut Saya Kalahkan dalam Pilpres AS 2020

Setelah memperoleh urutan ketiga di Nevada, Buttigieg turun di urutan keempat di Carolina Selatan di mana dia hanya mendapat tiga persen dukungan dari pemilih Afri-Amerika.

Berbicara tentang kemundurannya dari pencalonan pilpres AS, Buttigieg mengatakan kampanyenya dimulai dari staf yang hanya ada empat orang, tidak banyak daftar email masuk dan tidak ada keberuntungan.

"Kita sudah sampai di tahap ini untuk mengalahkan presiden yang sekarang dan untuk mengantar perpolitikan baru," ungkap Buttigieg kepada para pendukungnya.

Kini menurutnya, sudah waktunya untuk berhenti dan mengantar partainya juga negaranya bersama.

Joe Biden mengunggah pernyataan terkait kemunduran Buttigieg di twitter, "Ini hanyalah awal dari perjalanannya di panggung nasional," ungkap Biden, "Buttigieg telah menjalankan kampanye luar biasa berdasarkan keberanian, kasih sayang, dan kejujuran."

Halaman:

Sumber Sky News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X