Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Ramadan, Perundingan Konflik Gaza di Kairo Belum Capai Kesepakatan

Israel secara konsisten dan tidak berdasar memblokir operasi bantuan untuk Gaza, bahkan ketika daerah kantong tersebut jatuh lebih dalam ke dalam kelaparan.

Ini menurut sebuah laporan baru yang didasarkan pada wawancara dengan pejabat pemerintah, pekerja kemanusiaan, dan staf LSM.

Dilansi dari Al Jazeera, delegasi Hamas telah meninggalkan Kairo dan kelompok tersebut mengatakan bahwa perundingan gencatan senjata akan terus berlanjut hingga kesepakatan tercapai.

Sebelumnya, seorang pejabat dari kelompok Palestina tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa perundingan di Kairo gagal mencapai terobosan.

Ini karena Israel menolak tuntutan kelompok tersebut untuk mengakhiri serangannya di daerah kantong tersebut, menarik mundur pasukannya, dan memastikan kebebasan masuk untuk bantuan dan kembalinya para pengungsi.

Melaporkan dari Rafah, Gaza selatan
Kampanye pengeboman yang intens terus berlangsung semalam dan dini hari tadi dengan gempuran artileri yang terus menerus di bagian timur Jalur Gaza.

Militer Israel tampaknya tidak menghiraukan tekanan global dan terus melanjutkan rencananya untuk membangun zona penyangga.

Kami diberitahu oleh penduduk di bagian timur Rafah bahwa sebagian besar rumah mereka hancur atau rusak parah.

Lahan pertanian dan peternakan mereka telah diratakan untuk pembangunan zona penyangga Israel ini.

Serangan udara tampaknya terkonsentrasi akhir-akhir ini di bagian tengah dan timur Gaza.

Di Deir el-Balah dan Nuseirat, 17 orang terbunuh, sebagian besar berasal dari keluarga pengungsi dari Gaza utara yang pada saat itu diberitahu untuk mengungsi agar tidak dibom.

Tadi malam, sedikitnya lima orang terbunuh ketika mereka sedang menunggu bantuan di Bundaran Nabulsi, lokasi yang sama di mana kekejaman tepung terjadi sebelumnya.

https://www.kompas.com/global/read/2024/03/07/205757770/jelang-ramadan-perundingan-konflik-gaza-di-kairo-belum-capai-kesepakatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke