Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Misteri Pilot Rusia yang Membelot ke Ukraina, Benarkah Tewas di Spanyol?

Kuzminov pada Agustus 2023 menerbangkan helikopter Mi-8 ke Ukraina dan menyatakan penentangannya terhadap serangan militer Rusia.

Kemudian pada September 2023, badan intelijen militer GUR Ukraina merilis video Kuzminov mengaku terbang dari pangkalan udara di wilayah Kursk, Rusia, ke Ukraina dengan ketinggian sangat rendah dan dalam mode senyap radio agar tak terdeteksi.

Juru bicara GUR mengonfirmasi kepada kantor berita AFP bahwa Kuzminov tewas, tetapi tidak ada rincian lebih lanjut.

Media-media Spanyol yang mengutip sumber-sumber di penyelidikan sejak Senin (19/2/2024) juga melaporkan, mayat yang ditemukan penuh peluru di Kota Villajoyosa pada Selasa (20/2/2024) adalah pembelot.

Akan tetapi, pihak berwenang di "Negeri Matador" belum mengonfirmasi laporan itu.

Menurut sumber di pengadilan Spanyol, mayat yang ditemukan di gerbang masuk perumahan itu dokumen identitasnya mirip dengan warga Ukraina berusia 33 tahun.

Adapun menurut polisi Spanyol, lokasi tewasnya pria tersebut dihuni banyak orang Rusia.

Kepolisian Sipil Guardia Spanyol yang menyelidiki kasus ini menyebutkan, identitas pria yang tewas itu bisa saja palsu dan bukan Kuzminov.

Otoritas setempat kemudian menemukan mobil pria itu terbakar di kota tak jauh dari Villajoyosa, yang diduga digunakan para pembunuh untuk melarikan diri.

  • AS Mau Jual Jet F-35 ke Turkiye, tapi Minta Singkirkan Rudal S-400 Rusia
  • Putin Beri Hadiah Kim Jong Un Mobil Buatan Rusia
  • Rusia Serang Ukraina dengan Tembakan Berat

Rusia berulang kali menolak tuduhan pembunuhan atau percobaan pembunuhan terhadap lawan atau pembelot Kremlin, baik di dalam maupun di luar negeri.

Kuzminov bertugas di resimen helikopter yang berbasis di Primorsky, Rusia Timur Jauh.

Pada Agustus 2023 ia mengeklaim, diam-diam mengatur pembelotannya selama berbulan-bulan dengan badan intelijen Ukraina, dan meminta prajurit Rusia lainnya untuk melakukan hal serupa.

Ketika berita Kuzminov tewas muncul, Moskwa merayakannya.

Pada Oktober 2023, stasiun tv Pemerintah Rusia melaporkan bahwa badan intelijen Rusia mendapat perintah untuk melenyapkan Kuzminov.

https://www.kompas.com/global/read/2024/02/21/144455070/misteri-pilot-rusia-yang-membelot-ke-ukraina-benarkah-tewas-di-spanyol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke