Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhan AS Lloyd Austin Keluar dari RS Usai Dirawat karena Kanker

Austin selama berminggu-minggu menyembunyikan diagnosa kanker prostatnya dari Presiden AS Joe Biden dan para anggota parlemen.

Menhan berusia 70 tahun ini juga tidak memberitahu mereka selama berhari-hari ketika dirawat inap sejak 1 Januari 2024 karena komplikasi dari perawatannya.

Meski perbuatannya itu menyusahkan Biden dan membuka peluang Partai Republik menyerang Demokrat pada tahun politik, Presiden AS itu tidak meminta Austin mundur dari jabatannya.

“Saya berterima kasih atas perawatan luar biasa yang saya terima di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, serta ingin berterima kasih kepada para dokter dan staf perawat atas profesionalisme dan dukungan luar biasa mereka,” kata Austin, dikutip dari kantor berita AFP.

“Saat saya terus memulihkan diri dan menjalankan tugas-tugas saya dari rumah, saya ingin pulih sepenuhnya dan kembali secepat mungkin ke Pentagon,” lanjutnya.

Austin yang meniti karier sebagai tentara, menjalani operasi kecil untuk mengobati kankernya pada 22 Desember 2023 dan kembali ke rumah keesokan harinya.

Namun, dia dirawat kembali di RS karena komplikasi seperti mual dan nyeri parah pada 1 Januari 2024.

Gedung Putih baru tahu bahwa Austin opname pada 4 Januari, kemudian Kongres mengetahui keesokan harinya.

Biden bahkan baru mendapat informasi tentang diagnosis kanker Austin pada tanggal 9 Januari 2024.

Gedung Putih pada Selasa (9/1/2024) langsung mengeluarkan memo kepada departemen-departemen di AS, berisi tinjauan mendesak terhadap peraturan jika ada pejabat senior yang tidak mampu menjalankan tugas karena alasan apa pun.

Memo itu juga mengatakan, departemen-departemen Pemerintah AS harus mematuhi prosedur yang berlaku saat ini, terutama memberitahu Gedung Putih jika ada menteri kabinet yang harus mendelegasikan wewenangnya karena alasan apa pun.

https://www.kompas.com/global/read/2024/01/16/112255670/menhan-as-lloyd-austin-keluar-dari-rs-usai-dirawat-karena-kanker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke