Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alaska Airlines Mendarat Darurat Usai Bagian Pesawat Meledak di Udara

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pesawat Alaska Airlines Boeing 737 Max 9 mendarat darurat di negara bagian Oregon Amerika Serikat (AS) pada Jumat (5/1/2024) malam waktu Amerika Serikat.

Diketahui, pesawat yang membawa 177 orang tersebut mengalami masalah yakni bagian badan pesawat terlepas usai beberapa menit pesawat tersebut lepas landas dari bandara Portland AS.

Meski demikian, pesawat dapat kembali mendarat darurat di bandara Portland dengan selamat.

Dikutip dari BBC.com pada Sabtu (6/1/2024), maskapai Alaska Airlines akan menghentikan sementara seluruh 65 pesawat 737 Max 9 miliknya untuk melakukan inspeksi.

Perusahaan Boeing juga bakal melakukan investigasi dengan mengumpulkan banyak informasi.

"Ada ledakan sangat keras di bagian kiri belakang pesawat dengan suara woosh dan semua masker udara terjatuh," kata Evan Smith, salah satu penumpang yang berada di dalamnya.

"Mereka mengatakan ada seorang anak di barisan itu yang bajunya terlepas dan keluar dari pesawat namun ibunya memeganginya untuk memastikan dia tidak ikut terbawa keluar," imbuhnya.

Penumpang lain, Elizabeth Lee menambahkan bahwa sebagian pesawat hilang dan angin bertiup sangat kencang.

"Tapi semua orang sudah duduk di kursi masing-masing dan mengenakan sabuk pengaman," terangnya.

Jessica Montoia bahkan menggambarkan penerbangan itu sebagai "perjalanan dari neraka".

Penerbangan ke Ontario, California, telah mencapai ketinggian 16.000 kaki (4.876 m) ketika mulai melakukan penurunan darurat, menurut data pelacakan penerbangan.

Selain itu, gambar yang beredar di media juga menunjukkan langit malam terlihat melalui celah di badan pesawat dan puing-puing lainnya juga terlihat.

"Hati saya turut berduka cita bagi mereka yang berada dalam penerbangan ini. Saya sangat menyesal atas apa yang Anda alami," kata CEO Alaska Airlines Ben Minicucci.

"Saya sangat berterima kasih atas tanggapan pilot dan pramugari kami," imbuh dia.

Sementara Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) mengonfirmasi Alaska Airlines Penerbangan 1282 kembali dengan selamat setelah kru melaporkan adanya masalah tekanan udara.

Boeing mengatakan tim teknis siap mendukung penyelidikan.

"Kami akan mengikuti panduan apa pun yang dikeluarkan Boeing setelah informasi lebih lanjut tersedia," tambah juru bicara Boeing.

https://www.kompas.com/global/read/2024/01/06/225632870/alaska-airlines-mendarat-darurat-usai-bagian-pesawat-meledak-di-udara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke