Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mantan Perdana Menteri China Li Keqiang Meninggal pada Usia 68 Tahun

Dia berusia 68 tahun saat menghembuskan nafas terakhirnya.

Setelah dipandang sebagai pesaing utama kepemimpinan Partai Komunis, Li dikesampingkan dalam beberapa tahun terakhir oleh Presiden Xi Jinping.

Dilansir dari Reuters, Xi terus memperketat cengkeramannya pada kekuasaan dan mengarahkan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia itu ke arah yang lebih statistik.

Li, yang merupakan ekonom elite, mendukung ekonomi pasar yang lebih terbuka, menganjurkan reformasi sisi penawaran dalam sebuah pendekatan yang dijuluki "Likonomics" yang tidak pernah sepenuhnya diterapkan.

Pada akhirnya, ia harus tunduk pada preferensi Xi untuk lebih banyak kontrol negara. Basis kekuatannya yang dulu berkurang ketika Xi menempatkan para pembantunya ke posisi yang lebih kuat.

"Kamerad Li Keqiang, ketika sedang beristirahat di Shanghai dalam beberapa hari terakhir, mengalami serangan jantung mendadak pada 26 Oktober dan setelah upaya habis-habisan untuk menyadarkannya gagal, meninggal di Shanghai pada pukul sepuluh lewat tengah malam pada 27 Oktober," demikian dilaporkan oleh stasiun televisi pemerintah, CCTV.

Media sosial China mengalami luapan kesedihan dan keterkejutan, dengan beberapa situs web pemerintah berubah menjadi hitam-putih sebagai tanda berkabung.

Platform mikroblog Weibo mengubah tombol "suka" menjadi ikon "berkabung" dalam bentuk bunga krisan.

Li adalah perdana menteri dan kepala kabinet China di bawah Xi selama satu dekade sampai mengundurkan diri dari semua posisi politik pada Maret.

Li memicu perdebatan tentang kemiskinan dan ketidaksetaraan pendapatan pada tahun 2020, dengan mengatakan bahwa 600 juta orang di negara yang semakin kaya ini berpenghasilan kurang dari 140 dolar AS per bulan.

Beberapa intelektual dan anggota elit liberal China menyatakan keterkejutan dan kekecewaan mereka di saluran semi-privat WeChat atas meninggalnya mercusuar reformasi ekonomi liberal China.

Beberapa orang mengatakan bahwa hal itu menandakan berakhirnya sebuah era.

https://www.kompas.com/global/read/2023/10/27/153000170/mantan-perdana-menteri-china-li-keqiang-meninggal-pada-usia-68-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke