Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Media Asing Soroti Keberangkatan Presiden Jokowi ke Afrika Selatan untuk Hadiri KTT BRICS

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah media asing memberitakan keberangkatan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi ke Afrika Selatan pada Minggu (20/8/2023), untuk menghadiri KTT BRICS di Johannesburg.

Kantor berita AFP yang bermarkas di Paris, Perancis, pada Minggu, menerbitkan artikel berjudul "Indonesian president to attend BRICS summit in South Africa".

Sementara, South China Morning Post (SCMP) menayangkan tulisan berjudul "Indonesia’s Joko Widodo to attend Brics summit in South Africa amid expansion speculation" di situs web mereka.

Di kedua artikel tersebut, disebutkan bahwa lawatan Jokowi ke Afrika Selatan berlangsung di tengah spekulasi bahwa Indonesia akan bergabung sebagai anggota BRICS terbaru.

KTT BRICS dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari mulai Selasa (22/8/2023), dengan dihadiri oleh negara-negara berkembang utama yang dipimpin oleh Brasil, Rusia, India, China dan tuan rumah Afrika Selatan.

“Indonesia diundang untuk menghadiri KTT BRICS dan tentunya di sela-sela pertemuan KTT BRICS, akan ada pertemuan-pertemuan dengan para pemimpin dunia lainnya,” kata Jokowi kepada para wartawan sebelum berangkat, dikutip dari AFP.

Lawatan kali ini adalah kunjungan Jokowi yang pertama ke Afrika Selatan.

Awal pekan ini, Jokowi mengatakan pemerintah belum memutuskan apakah Indonesia akan bergabung dengan BRICS atau tidak.

AFP menyebut, BRICS yang diresmikan pada 2009, tengah berupaya untuk menjinakkan dominasi ekonomi negara-negara barat dalam urusan-urusan global.

Kelompok tersebut mewakili 23 persen produk domestik bruto (PDB) dunia dan 42 persen populasi penduduk dunia.

Selain menghadiri KTT BRICS, Jokowi mengatakan, dirinya juga akan melawat ke Kenya, Tanzania, dan Mozambik untuk mempererat kerja sama.

Tanzania dan Kenya membuka kedutaan besar di Jakarta tahun lalu, sedangkan Mozambik adalah negara Afrika pertama uang menandatangani Perjanjian Perdagangan Preferensial (Preferential Trade Agreement/PTA) dengan Indonesia.

https://www.kompas.com/global/read/2023/08/20/154400670/media-asing-soroti-keberangkatan-presiden-jokowi-ke-afrika-selatan-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke