Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twitter Bagikan Secara Publik Kode Algoritma Rekomendasi Konten

Hal ini memungkinkan pengguna dan pemrogram mengintip cara kerjanya dan kemampuan untuk menyarankan modifikasi pada algoritma.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa mereka mengunggah kode di dua repositori di platform code-sharing Github.

Dilansir dari Reuters, mereka juga menyertakan kode sumber untuk banyak bagian Twitter, termasuk algoritma rekomendasi yang mengontrol tweet yang dilihat pengguna di timeline mereka.

Langkah ini dilakukan atas perintah pemilik miliardernya Elon Musk.

Dia mengatakan transparansi kode akan mengarah pada kepercayaan yang lebih tinggi di antara pengguna dan peningkatan cepat pada produk.

Ini juga berfungsi untuk mengatasi kekhawatiran umum dari pengguna dan anggota parlemen, yang semakin meneliti platform media sosial tentang bagaimana algoritme memilih konten yang dilihat pengguna.

Musk mencuit pada hari Jumat bahwa pihak ketiga harus dapat menganalisis kode sumber terbuka.

"Mereka juga bisa menentukan, dengan akurasi yang masuk akal, apa yang mungkin akan ditampilkan kepada pengguna," ujarnya.

"Tidak diragukan lagi, banyak masalah memalukan akan ditemukan, tetapi kami akan memperbaikinya dengan cepat!" tambahnya.

Musk juga mengatakan Twitter akan memperbarui algoritma rekomendasinya berdasarkan saran pengguna setiap 24 hingga 48 jam.

Pada hari Jumat, Musk dan beberapa karyawan Twitter mengadakan sesi di Spaces, fitur obrolan audio Twitter, meminta pengguna untuk membawa rekomendasi dan pertanyaan tentang cara kerja kode platform.

Satu orang mempertanyakan mengapa kode Twitter muncul untuk mengklasifikasikan pengguna sebagai Partai Republik atau Demokrat.

Seorang karyawan Twitter menjawab bahwa itu adalah fitur lama yang tidak penting bagi sistem rekomendasi platform, dan perusahaan sedang mencari untuk menghapusnya.

Repositori di Github tidak termasuk kode yang mendukung rekomendasi iklan Twitter, kata perusahaan itu.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/01/200000870/twitter-bagikan-secara-publik-kode-algoritma-rekomendasi-konten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke