Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Meksiko: Isu Trump Ditangkap untuk Cegah Dia Maju ke Pilpres AS 2024

Mantan Presiden AS Donald Trump dilaporkan membayar Stormy Daniels 130.000 dollar AS (Rp 2 miliar) jelang pilpres AS 2016, agar tidak buka suara tentang hubungan gelap mereka pada 2006.

"Laporannya mereka akan menahan mantan Presiden Trump," kata Lopez Obrador pada konferensi pers, dikutip dari kantor berita AFP.

"Jika itu terjadi maka semua orang akan tahu ... itu agar dia tidak muncul di surat suara," tambah populis sayap kiri itu.

Trump memperkirakan, dia akan ditangkap pada Selasa (21/3/2023). Jika didakwa, Republikan berusia 76 tahun itu akan menjadi mantan atau presiden AS pertama yang didakwa melakukan kejahatan.

Lopez Obrador memiliki hubungan baik dengan Trump, terlepas dari kata-katanya yang berapi-api.

Presiden yang dikenal dengan inisialnya AMLO itu juga salah satu pemimpin terkenal terakhir yang memberi selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya mengalahkan Trump di pilpres AS 2020.

  • NYPD Sudah Siap jika New York Rusuh Usai Trump Ditangkap
  • Situasi New York Jelang Isu Trump Ditangkap: Polisi Siaga Tinggi, Pasang Barikade

Trump pernah memicu kemarahan saat kampanye pilpres AS 2016 ketika mencap migran Meksiko sebagai pemerkosa dan pengedar narkoba, lalu berjanji membangun tembok di sepanjang perbatasan selatan AS.

Adapun Lopez Obrador sempat mengkritik penyensoran terhadap media sosial Trump setelah terjadi kerusuhan di Gedung Capitol pada 6 Januari 2021.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/22/210500070/presiden-meksiko--isu-trump-ditangkap-untuk-cegah-dia-maju-ke-pilpres-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke