Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-352 Serangan Rusia ke Ukraina: Usul Atlet Rusia Masuk Tim Pengungsi, Rudal Lintasi Romania dan Moldova

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-352 pada Jumat (10/2/2023).

Ini termasuk, muncul usulan dari Polandia agar atlet Rusia dan Belarus masuk saja ke Tim Pengungsi Olimpiade 2024.

Sementara itu, Kepala Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan bahwa dua rudal Rusia melintasi wilayah udara Moldova dan anggota NATO Romania dalam perjalanan ke Ukraina.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-352 yang dapat Anda simak:

Rusia lucurkan serangan udara besar-besaran

Ukraina pada Jumat mengatakan, Rusia telah meluncurkan gelombang serangan udara besar-besaran dengan rudal dan drone.

Serangan ini nyatanya terjadi sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi beberapa negara Eropa untuk mendorong pemberian senjata jarak jauh.

"Pada Jumat pagi musuh menyerang kota-kota dan fasilitas infrastruktur kritis," kata Angkatan Udara Ukraina, dikutip dari AFP.

Angkatan Udara Ukraina mendapati tujuh drone "kamikaze" buatan Iran diluncurkan dari Laut Azov dan enam rudal jelajah Kalibr dari Laut Hitam.

Mereka mengeklaim telah menembak jatuh lima drone dan lima rudal Kalibr. 

"Rusia juga melakukan serangan besar-besaran dengan menggunakan hingga 35 peluru kendali anti-pesawat yang menargetkan wilayah Kharkiv di timur dan wilayah Zaporizhzhia di selatan," kata Angkatan Udara Ukraina.

Dalam pernyataan terpisah, Angkatan Udara Ukraina mengatakan sistem pertahanannya berhasil menembak jatuh 61 dari 71 rudal Rusia yang diluncurkan dalam gelombang serangan baru.

"Musuh melancarkan serangan rudal besar-besaran terhadap infrastruktur kritis Ukraina. Sebanyak 61 dari 71 rudal musuh (telah) dihancurkan," tambah Angkatan Udara.

AS: Rusia kemungkinan kehilangan setengah tank tempur di Ukraina

Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Keamanan Internasional AS, Celeste Wallander, mengatakan, setengah dari tank tempur utama Rusia kemungkinan telah dihancurkan atau direbut oleh Ukraina.

"Rusia mungkin telah kehilangan setengah dari stok tank tempur utamanya dalam pertempuran dan melalui penangkapan Ukraina," kata Wallander dalam acara virtual Center for a New American Security pada Jumat.

Perkiraan Wallander ini datang ketika Ukraina akan menerima pasokan tank-tank berat Barat dari para pendukungnya.

Inggris mengatakan, tank Challenger 2 akan dikerahkan di Ukraina pada bulan Maret, sedangkan Jerman dan sekutunya berencana mengirim satu batalyon tank Leopard 2 ke Kyiv pada bulan April.

Amerika Serikat juga telah menjanjikan satu batalion atau sebanyak 31 tank M1 Abrams milik mereka. Akan tetapi, tank AS itu diperkirakan akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk bisa tiba di Ukraina.

Biden akan menandai peringatan invasi Ukraina dengan perjalanan ke Polandia

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan pada Jumat bahwa Presiden AS Joe Biden akan menandai peringatan invasi Rusia ke Ukraina bulan dengan melakukan kunjungan ke Polandia.

Biden dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke negara sekutu NATO itu pada 20-22 Februari.

Di sana, Biden rencananya akan bertemu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda dan juga anggota Bucharest Nine, sekelompok anggota NATO di Eropa timur.

"Dia akan membahas kerja sama bilateral kami serta upaya kolektif kami untuk mendukung Ukraina dan meningkatkan pencegahan NATO," kata Jean-Pierre.

Menurut dia, Biden akan memberikan pidato untuk menandai peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina yang brutal dan tidak beralasan pada 24 Februari.

"Presiden akan membahas bagaimana Amerika Serikat telah menggalang dunia untuk mendukung rakyat Ukraina saat mereka mempertahankan kebebasan dan demokrasi mereka," katanya.

Perjalanan Biden ini nyatanya akan bertepatan dengan pidato kenegaraan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskwa pada 21 Februari.

Kremlin: Putin akan menyampaikan pidato kenegaraan pada 21 Februari

Kremlin pada Jumat mengumumkan, Presiden Vladimir Putin akan menyampaikan pidato kenegaraannya pada 21 Februari, tiga hari sebelum serangan Rusia ke Ukraina genap berusia setahun. 

"Pada 21 Februari, Presiden Federasi Rusia akan berpidato di Majelis Federal," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Zelensky: kehadiran atlet Rusia di Olimpiade Paris adalah manifestasi kekerasan

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat menyatakan, kehadiran atlet Rusia di Olimpiade Paris 2024 akan menjadi manifestasi kekerasan.

Ukraina seperti diketahui telah bereaksi keras terhadap pengumuman Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada bulan lalu yang membuka kemungkinan atlet Rusia dan Belarus bisa ambil bagian dalam Olimpiade Paris di bawah bendera netral.

Ukraina khawatir Presiden Vladimir Putin akan berusaha mendapatkan keuntungan politik dari partisipasi Rusia di Olimpiade tahun depan.

Presiden IOC Thomas Bach menggambarkan seruan Ukraina untuk memboikot Olimpiade sebagai bertentangan dengan prinsip yang IOC perjuangkan.

Namun, dalam pidato video pada pertemuan virtual para menteri olahraga dari sekitar 30 negara, termasuk Amerika Serikat, di London, Zelensky menegaskan, "Hanya kehadiran perwakilan negara teroris adalah manifestasi dari kekerasan dan pelanggaran hukum. Dan itu tidak bisa ditutupi dengan pura-pura netral atau bendera putih. Jika olahraga Olimpiade adalah pembunuhan dan serangan rudal, maka Anda tahu tim nasional mana yang akan menempati posisi pertama".

Zelensky berpendapat bahwa sangat sedikit atlet Rusia yang berbicara menentang perang.

Polandia usul atlet Rusia yang mengecam invasi masuk ke Tim Pengungsi Olimpiade

Polandia pada Jumat mengusulkan atlet Rusia dan Belarus yang menentang invasi Rusia ke Ukraina dapat masuk ke dalam Tim Pengungsi untuk Olimpiade Paris 2024.

Menteri Olahraga Polandia Kamil Bortniczuk mengatakan "solusi kompromi" akan mencegah situasi di mana beberapa negara memboikot Olimpiade karena kemungkinan masuknya Rusia dan Belarus di bawah panji netral.

Berbicara setelah KTT virtual menteri olahraga di London pada Jumat, dia mengatakan usulan itu merupakan satu-satunya kemungkinan bagi para atlet Rusia dan Belarus untuk bisa bersaing di Olimpiade Paris.

Swiss blokir pengiriman senjata dari Spanyol ke Ukraina

Swiss mengatakan pada Jumat, bahwa pihaknya telah memblokir Spanyol untuk mengirim senjata anti-pesawat buatan Swiss ke Ukraina, sejalan dengan kenetralan militernya yang ketat.

Sekretariat Negara Swiss untuk Urusan Ekonomi (SECO) telah menolak permintaan dari Spanyol yang dibuat pada 16 Januari 2023, mengenai ekspor ulang dua senjata anti-pesawat 35 milimeter yang berasal dari Swiss.

Hal itu dikemukakan Juru bicara SECO, Fabian Maienfisch kepada AFP dalam sebuah pernyataan via email.

Ini menandai ketiga kalinya Swiss memblokir pengiriman senjata buatan mereka ke Ukraina yang dilanda perang sejak Rusia meluncurkan invasi besar-besaran setahun lalu.

Swiss sebelumnya menolak permintaan dari Jerman untuk mengirim amunisi pertahanan anti-pesawat buatan Swiss ke Ukraina dan dari Denmark untuk mengirim 22 tank Swiss Piranha III.

Rusia akan memangkas produksi minyak

Rusia pada Jumat mengumumkan, akan memangkas produksi minyak mentah sebesar 5 persen bulan depan setelah negara-negara Barat mengenakan batas harga atas invasi ke Ukraina.

Harga minyak mentah internasional lalu melonjak setelah Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan Rusia akan mengurangi produksi sebesar 500.000 barel per hari pada bulan Maret.

"Ini akan membantu memulihkan hubungan pasar," kata Novak, menurut kantor berita Rusia.

Bank Dunia setujui hibah 50 juta dollar AS untuk perbaikan transportasi Ukraina

Bank Dunia mengatakan pada Jumat bahwa mereka telah menyetujui hibah awal 50 juta dollar AS untuk membantu memulihkan jaringan transportasi Ukraina. 

Proyek baru tersebut disebut bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur transportasi Ukraina guna mendukung pasokan bantuan kemanusiaan segera, sambil meningkatkan kapasitas rute perdagangan.

Bank Dunia mengungkapkan, dana tambahan hingga 535 juta dollar AS diharapkan akan menyusul segera untuk Ukraina.

"Invasi Rusia ke Ukraina terus menimbulkan konsekuensi ekonomi dan kemanusiaan yang menghancurkan," kata Anna Bjerde, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Eropa dan Asia Tengah.

Dia menambahkan bahwa Ukraina membutuhkan investasi mendesak untuk memperbaiki rute transportasi penting yang rusak.

Meloni mengulangi kritik atas kunjungan Zelensky ke Paris

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni pada Jumat kembali mengkritik keputusan Perancis untuk mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Paris awal pekan ini.

"Seandainya saya diundang ke Istana Elysee untuk pertemuan dengan Zelensky, saya akan menyarankan (mereka) untuk tidak mengadakan pertemuan ini," kata Meloni kepada wartawan pada konferensi pers setelah KTT Uni Eropa di Brussel.

"Karena ketika menyangkut Ukraina, kepentingan kami di atas segalanya adalah memberikan pesan persatuan di dalam Uni Eropa," jelas dia.

Pada Kamis (9/2/2023), PM Italia mengkritik undangan Presiden Perancis Emmanuel Macron ke Zelensky untuk bertemu di Paris sebagai "tidak pantas" menjelang KTT Uni Eropa di Brussels.

Rudal Rusia Lintasi Romania dan Moldova sebelum capai Ukraina

Kepala Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan pada Jumat bahwa dua rudal Rusia melintasi wilayah udara Moldova dan anggota NATO Rumania dalam perjalanan ke Ukraina.

"Pada pukul 10.18 (08.18 GMT), dua rudal jelajah Kalibr Rusia melintasi perbatasan Ukraina dengan Republik Moldova," kata Valery Zaluzhny di media sosial.

"Sekitar pukul 10.33, rudal ini melintasi wilayah udara Romania. Setelah itu, rudal tersebut kembali masuk ke wilayah udara Ukraina," tambah dia.

Namun, Otoritas Romania pada Jumat membantah rudal Rusia telah terbang di atas negara mereka.

Romania menepis klaim Ukraina bahwa dua rudal Rusia melintasi wilayah udara anggota NATO itu dalam perjalanan ke Ukraina.

"Romania mendeteksi sasaran udara yang diluncurkan dari Laut Hitam dari sebuah kapal Federasi Rusia tetapi tidak pernah bersinggungan dengan wilayah udara Rumania," kata Kementerian Pertahanan Romania.

Sementara itu, Kementerian pertahanan Moldova mengkonfirmasi telah mendeteksi sebuah rudal yang melintasi wilayah udara Moldova.

Moldova telah melihat puing-puing rudal Rusia selama hampir setahun invasi Rusia ke Ukraina.

Macron pertimbangkan copot penghargaan untuk Putin

Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan pada Jumat bahwa dia mungkin akan mencopot penghargaan tertinggi dari Perancis yang telah diberikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Tapi, dia belum bisa memastikan kapan akan melakukan hal itu, dengan berkata masih menunggu saat yang tepat.

Putin diketahui telah menerima Grand-Croix de la Legion d'Honneur, sebuah penghargaan kehormatan dari Perancis pada 2006 saat Moskwa memiliki hubungan yang lebih baik dengan Paris dan Barat.

Tapi sejak Putin memerintahkan invasi habis-habisan tahun lalu ke Ukraina, hubungan telah putus dan Uni Eropa telah memberlakukan berbagai sanksi ekonomi yang keras.

Pada hari Rabu (8/2/2023), Macron bahkan memberikan penghargaan tertinggi kepada musuh Putin, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

https://www.kompas.com/global/read/2023/02/11/103625670/rangkuman-hari-ke-352-serangan-rusia-ke-ukraina-usul-atlet-rusia-masuk

Terkini Lainnya

[POPULER GLOBAL] Spanyol Tolak Kapal Bawa 27 Ton Bahan Peledak | Pasokan Medis Tak Bisa Masuk Gaza

[POPULER GLOBAL] Spanyol Tolak Kapal Bawa 27 Ton Bahan Peledak | Pasokan Medis Tak Bisa Masuk Gaza

Global
WHO: Tak Ada Pasokan Medis Masuk ke Gaza Selama 10 Hari

WHO: Tak Ada Pasokan Medis Masuk ke Gaza Selama 10 Hari

Global
PM Slovakia Jalani Operasi Baru, Kondisinya Masih Cukup Serius

PM Slovakia Jalani Operasi Baru, Kondisinya Masih Cukup Serius

Global
Warga Sipil Israel Kembali Berulah, Truk Bantuan di Tepi Barat Dibakar

Warga Sipil Israel Kembali Berulah, Truk Bantuan di Tepi Barat Dibakar

Global
13 Negara Ini Desak Israel agar Menahan Diri dari Invasinya ke Rafah

13 Negara Ini Desak Israel agar Menahan Diri dari Invasinya ke Rafah

Global
Kera Tergemuk di Thailand Mati karena Sering Diberi Permen dan Minuman Manis

Kera Tergemuk di Thailand Mati karena Sering Diberi Permen dan Minuman Manis

Global
Israel: Kasus Genosida di Pengadilan PBB Tak Sesuai Kenyataan

Israel: Kasus Genosida di Pengadilan PBB Tak Sesuai Kenyataan

Global
Minim Perlindungan, Tahanan di AS yang Jadi Buruh Rawan Kecelakaan Kerja

Minim Perlindungan, Tahanan di AS yang Jadi Buruh Rawan Kecelakaan Kerja

Internasional
Korut Tembakkan Rudal Balistik Tak Dikenal, Ini Alasannya

Korut Tembakkan Rudal Balistik Tak Dikenal, Ini Alasannya

Global
Siapa 'Si Lalat' Mohamed Amra, Napi yang Kabur dalam Penyergapan Mobil Penjara di Prancis?

Siapa "Si Lalat" Mohamed Amra, Napi yang Kabur dalam Penyergapan Mobil Penjara di Prancis?

Internasional
Tekno-Nasionalisme Xi Jinping dan Dampaknya pada Industri Global

Tekno-Nasionalisme Xi Jinping dan Dampaknya pada Industri Global

Global
2 Polisi Malaysia Tewas Ditembak dan Diserang, Pelaku Disebut Terafiliasi Jemaah Islamiyah

2 Polisi Malaysia Tewas Ditembak dan Diserang, Pelaku Disebut Terafiliasi Jemaah Islamiyah

Global
AS Sebut Dermaga Terapungnya Mulai Dipakai untuk Kirim Bantuan ke Gaza

AS Sebut Dermaga Terapungnya Mulai Dipakai untuk Kirim Bantuan ke Gaza

Global
Suara Tembakan di Dekat Kedutaan Israel, Polisi Swedia Menahan Beberapa Orang

Suara Tembakan di Dekat Kedutaan Israel, Polisi Swedia Menahan Beberapa Orang

Global
Kharkiv Jadi Kota Kedua Ukraina yang Sering Diserang Drone Rusia

Kharkiv Jadi Kota Kedua Ukraina yang Sering Diserang Drone Rusia

Global
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke