Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ledakan di Luar Bandara Militer Kabul, Banyak Orang Tewas

KABUL, KOMPAS.com – Sebuah ledakan mengguncang luar bandara militer Kabul, Afghanistan, pada Minggu (1/1/2023) pagi waktu setempat.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan bentukan Taliban, Abdul Nafi Takor, melaporkan ada banyak korban akibat ledakan itu.

“Pagi hari ini sebuah ledakan terjadi di luar bandara militer Kabul, yang menyebabkan sejumlah warga kami tewas dan terluka,” kata Takor kepada Reuters.

Dia menambahkan, investigasi mengenai ledakan di luar bandara militer Kabul sedang dilakukan.

Meski demikian, Takor tidak merinci sifat atau target dari ledakan. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu.

Mereka mengatakan, kawasan di sekitar bandara telah ditutup oleh pasukan keamanan dan semua jalan juga diblokade.

Sejak kembali berkuasa di Afghanistan pada Agustus 2021, Taliban mengeklaim telah meningkatkan keamanannya, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Akan tetapi, sejumlah ledakan dan serangan bom masih kerap terjadi di Afghanistan. Banyak dari serangan bom diklaim oleh ISIS cabang Afghanistan, ISIS-K.

Bulan lalu, setidaknya lima warga negara China terluka ketika penyerang ISIS menyerbu sebuah hotel yang terkenal di kalangan warga negara China di Kabul.

Ratusan orang, termasuk anggota komunitas minoritas Afghanistan, tewas dan terluka akibat berbagai serangan sejak Taliban kembali berkuasa.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/01/191500570/ledakan-di-luar-bandara-militer-kabul-banyak-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke