Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Komunikasi Khusus AS-Rusia Disebut Dipakai Sekali Saat Perang Ukraina, Untuk Apa?

Hal ini disampaikan seorang pejabat AS kepada Reuters.

Pejabat yang berbicara dengan syarat anonim itu mengatakan, AS memprakarsai panggilan melalui jalur "deconfliction" untuk mengomunikasikan keprihatinannya tentang operasi militer Rusia di dekat infrastruktur kritis di Ukraina.

Reuters jadi yang pertama melaporkan penggunaan garis dekonflik, di luar pengujian reguler.

Beberapa detail yang diketahui adalah seputar insiden spesifik yang menyebabkan panggilan telepon, yang menghubungkan Komando Eropa militer AS dan Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia.

Pejabat itu menolak untuk menjelaskan lebih lanjut tetapi mengatakan dia mengatakan panggilan tidak digunakan ketika sebuah rudal yang salah mendarat di Polandia yang merupakan anggota NATO pada 15 November, menewaskan dua orang.

Ledakan itu kemungkinan disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina, tetapi Rusia pada akhirnya bertanggung jawab karena memulai perang pada akhir Februari, kata NATO.

Meskipun pejabat AS menolak untuk menentukan aktivitas Rusia mana yang meningkatkan kewaspadaan AS, atau ada insiden yang diakui secara publik yang melibatkan pertempuran Rusia di sekitar infrastruktur kritis Ukraina.

Ini termasuk operasi Rusia di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa, yang berada di bawah kendali Rusia.

Ukraina juga menyuarakan kekhawatiran bahwa Rusia akan meledakkan bendungan Nova Kakhovka, yang menahan waduk besar di Ukraina selatan.

Bendungan yang jebol akan mengirim tembok air yang membanjiri pemukiman di bawahnya, termasuk menuju ibu kota regional strategis Kherson, yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada 11 November.

Komunikasi AS-Rusia telah menjadi sorotan sejak dimulainya invasi Rusia ke tetangganya, mengingat risiko besar bahwa salah perhitungan oleh kedua belah pihak dapat menyebabkan konflik langsung antara negara-negara bersenjata nuklir.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/29/181500670/jalur-komunikasi-khusus-as-rusia-disebut-dipakai-sekali-saat-perang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke