Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2.500 Orang Difoto Telanjang di Pantai Australia, Suarakan Kesadaran Kanker Kulit

SYDNEY, KOMPAS.com – Ribuan orang bertelanjang dan difoto di Pantai Bondi di Sydney, Australia, pada Sabtu (26/11/2022).

Sebanyak 2.500 orang dilaporkan ikut berfoto telanjang sebagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker kulit.

Dilansir dari AFP, para sukarelawan tersebut berangkat saat fajar.

Mereka berfoto atas inisiasi dari fotografer asal AS bernama Spencer Tunick, sebagaimana dilansir AFP.

Foto tersebut diambil oleh Tunick dengan menyembunyikan kesopanan subjeknya saat dia memberikan instruksi melalui megafon dari platform kerja yang ditinggikan.

Jumlah sukarelawan yang mengikuti sesi foto tersebut mewakili 2.000 lebih warga Australia yang meninggal setiap tahun akibat kanker kulit.

“Saya telah menghabiskan separuh hidup saya di bawah sinar matahari dan beberapa melanoma ganas hilang dari punggung saya,” kata salah satu sukarelawan, Bruce Fasher (77), kepada AFP.

"Saya pikir ini adalah tujuan yang bagus dan saya suka melepas pakaian saya di Pantai Bondi," sambung Fasher.

Tunick terkenal dengan karya seni yang menampilkan orang-orang telanjang di landmark terkenal di seluruh dunia, termasuk acara serupa di Sydney Opera House pada 2010.

“Sudah sepantasnya saya menggunakan platform saya untuk mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan rutin guna mencegah kanker kulit,” ujarnya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/26/133100470/2.500-orang-difoto-telanjang-di-pantai-australia-suarakan-kesadaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke