Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Al Qaeda Desak Umat Muslim Menghindari Piala Dunia Qatar, Ada Apa?

KAIRO, KOMPAS.com - Cabang regional Al Qaeda mendesak umat Islam di seluruh dunia untuk menghindari sepak bola Piala Dunia Qatar, sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh sebuah pemantauan kelompok.

Dilansir dari Reuters pada Sabtu (19/11/2022) pernyataan dari kelompok garis keras itu dikeluarkan tanpa ada penjelasan atau peringatan ancaman serangan atau kekerasan sehubungan dengan acara tersebut.

Al Qaeda di Semenanjung Arab, cabang kelompok militan yang berbasis di Yaman, mengkritik Qatar karena "membawa orang tidak bermoral, homoseksual, penabur korupsi dan ateisme ke Semenanjung Arab."

Mereka mengatakan acara tersebut berfungsi untuk mengalihkan perhatian dari "pendudukan negara-negara Muslim" dan penindasan mereka".

"Kami memperingatkan saudara-saudara Muslim kami untuk tidak mengikuti atau menghadiri acara ini," kata pernyataan itu, yang dilaporkan oleh kelompok Intelijen SITE pada Sabtu (19/11/2022), sehari sebelum turnamen dibuka di negara mayoritas Muslim untuk pertama kalinya.

Penyelenggara Piala Dunia 2022 Qatar menanggapi kritik atas catatan hak asasi manusia Qatar termasuk hak-hak LGBT serta pembatasan sosial.

Namun, mereka mengatakan bahwa semua orang, terlepas dari orientasi atau latar belakang seksual mereka, diterima selama acara tersebut.

Qatar adalah sebuah negara kecil berpenduduk sekitar 3 juta, dengsn sebagian besar pekerjanya adalah orang asing.

Negara itu mengatakan telah melatih lebih dari 50.000 orang untuk memberikan keamanan selama Piala Dunia, dengan pasukan asing membantu di bawah komando Qatar.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/20/080000970/al-qaeda-desak-umat-muslim-menghindari-piala-dunia-qatar-ada-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke