Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ukraina Terkini: Belarus Tegaskan Tak Ada Mobilisasi Pasukan, Warga Sipil Kherson Diminta Evakuasi

Tetapi dilansir Reuters, mereka tidak merencanakan mobilisasi.

“Kegiatan pendaftaran dan pendaftaran militer sangat rutin dan diharapkan selesai pada akhir tahun ini,” kata kementerian pertahanan.

Sementara itu, warga sipil harus dievakuasi kota Kherson di Ukraina yang dikuasai Rusia secepat mungkin karena pasukan Ukraina dapat memulai serangan kapan saja, kata seorang pejabat yang ditempatkan di Rusia.

Pasukan Rusia di Kherson telah mundur sejauh 20-30 km (13-20 mil) dalam beberapa minggu terakhir dan berisiko terjepit di tepi kanan atau barat Sungai Dnipro.

Pasukan Ukraina "akan segera memulai serangan terhadap kota Kherson," kata Kirill Stremousov, wakil kepala wilayah Kherson yang diangkat Rusia, yang sebagian dikendalikan oleh Rusia, dilansir Reuters.

“Saya meminta Anda untuk menganggap kata-kata saya dengan serius dan mengartikannya: evakuasi tercepat yang mungkin,” katanya dalam posting larut malam di Telegram.

Dalam posting selanjutnya, dia mengatakan bahwa pada hari Rabu situasi di depan stabil tetapi warga sipil masih harus pergi ke tepi kiri.

"Pindah secepat mungkin, tolong, ke tepi kiri," katanya.

Warga sipil di Kherson menerima pesan dari pemerintah Rusia yang menyuruh mereka meninggalkan kota, lapor kantor berita RIA.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/19/180000270/ukraina-terkini--belarus-tegaskan-tak-ada-mobilisasi-pasukan-warga-sipil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke