Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putin ke Erdogan: Referendum di 4 Wilayah Ukraina Transparan dan Sesuai Hukum

MOSKWA, KOMPAS.com – Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan panggilan telepon dengan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (30/9/2022).

Dalam kesempatan itu, salah satu hal yang dibahas oleh keduanya adalah terkait agenda referendum Rusia di empat wilayah Ukraina untuk bergabung dengan Rusia.

Bicara kepada Erdogan, Putin menyebut referendum di Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk, serta wilayah Kherson dan Zaporizhzhia berjalan secara transparan dan dilaksanakan sesuai dengan hukum internasional, termasuk Piagam PBB.

Isi pembicaraan Putin dan Erdogan itu dikemukakan oleh Kantor Pers Kremlin.

"Vladimir Putin memberi tahu (Erdogan) tentang hasil referendum yang berlangsung pada tanggal 23-27 September. Ditekankan bahwa pemungutan suara berlangsung secara transparan, sepenuhnya sesuai dengan norma dan prinsip hukum internasional," ungkap Kantor Pers Kremlin, dikutip dari Kantor berita Rusia, TASS.

Putin menyebut penduduk di empat wilayah Ukraina itu sedang menjalankan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri sesuai dengan Piagam PBB, Kovenan Internasional 1966 tentang hak asasi manusia dan Undang-Undang Terakhir Helsinki 1975.

Pejabat pro-Rusia di wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia telah mengadakan referendum tentang aksesi ke Rusia pada 23 dan 27 September.

Di keempat entitas, sebagian besar pemilih diklaim memilih aksesi ke Rusia.

  • Warga Ukraina Kabur dari Referendum Rusia, Desa Tampak Kosong
  • Rusia Segera Akui 4 Wilayah Ukraina Secara Resmi
  • Ukraina: Referendum di 4 Wilayah Adalah Pertunjukan Propaganda Rusia

Putin sendiri dilaporkan telah menandatangi dekrit yang mengakui kemerdekaan wilayah Kherson dan Zaporizhzhia di Ukraina pada Kamis malam.

Menurut dokumen tersebut, keputusan presiden Rusia didasarkan pada tiga hal.

Ini termasuk:

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/30/082900670/putin-ke-erdogan--referendum-di-4-wilayah-ukraina-transparan-dan-sesuai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke