Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Lanjutkan Latihan Militer, Tunjukkan Seberapa Dekat dengan Taiwan

Mereka menentang seruan untuk mengakhiri latihan militer yang digelar setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan.

Pelosi adalah pejabat tertinggi AS yang mengunjungi Taiwan selama beberapa puluh tahun terakhir, dan China marah atas kunjungannya ke pulau tersebut.

Selama latihan militer, China mengerahkan jet tempur, kapal perang, dan rudal balistik. Para analis menggambarkannya sebagai praktik untuk mengurung Taiwan.

Latihan militer China awalnya dijadwalkan selesai pada Minggu (7/8/2022), tetapi baik Beijing maupun Taipei tidak ada yang mengonfirmasinya.

Dikutip dari kantor berita AFP, Kementerian Transportasi Taiwan sempat melihat beberapa bukti menunjukkan setidaknya penarikan sebagian militer China.

"Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China terus melakukan latihan bersama dan pelatihan praktis di laut dan wilayah udara di sekitar pulau Taiwan," katanya.

  • Seberapa Besar Risiko Perang China-Taiwan?
  • Apa Itu ADIZ dan Garis Tengah Selat Taiwan, 2 Lokasi Konflik dengan China
  • Mengapa Taiwan Tidak Bisa Menjadi Anggota PBB?

Latihan itu, kata Komando Timur militer China, "Berfokus pada pengorganisasian operasi anti-kapal selam dan serangan laut bersama".

Beijing pada Senin (8/8/2022) juga akan melakukan latihan menembak langsung di beberapa wilayah Laut China Selatan dan Laut Kuning.

Taiwan selama berhari-hati tetap menentang latihan militer China dan akan memulai latihan tembakan langsungnya sendiri pada Selasa (9/8/2022).

Untuk menunjukkan seberapa dekat latihan militer China dengan Taiwan, militer China merilis video pilot angkatan udara merekam garis pantai pulau dan pegunungan dari kokpitnya.

Rudal balistik juga ditembakkan melintasi ibu kota Taiwan saat latihan militer China pekan lalu, menurut media Pemerintah China.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/08/153500970/china-lanjutkan-latihan-militer-tunjukkan-seberapa-dekat-dengan-taiwan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke