Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusia Tak Tertarik Nasionalisasi Perusahaan Asing yang Pergi

MOSKWA, KOMPAS.com – Moskwa tidak tertarik untuk menasionalisasi perusahaan milik asing yang beroperasi di Rusia.

Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Perdagangan dan Industri Rusia Denis Manturov pada Jumat (15/7/2022).

Ada banyak perusahaan Barat yang memutuskan untuk keluar dari Rusia setelah Moskwa menginvasi Ukraina, sebagaimana dilansir Reuters.

Di satu sisi, Moskwa tengah mengerjakan rancangan undang-undang yang mengizinkan negara bisa menyita aset perusahaan yang pergi.

“Kami tidak tertarik pada nasionalisasi perusahaan atau penghapusan mereka,” kata Manturov kepada majelis rendah parlemen Rusia, Duma.

Namun, dia berterima kasih kepada para anggota parlemen karena memberikan persetujuan awal untuk rancangan undang-undang mengenai kemungkinan pengambilalihan oleh negara.

Rancangan undang-undang tersebut memungkinkan negara untuk mengambil alih sebuah perusahaan jika terjadi kepergian yang tiba-tiba guna menyelamatkan pekerjaan dan membayar upah serta pajak.

“Ini juga merupakan pesan bagi mitra asing kami untuk memikirkan bagaimana dan keputusan apa yang akan mereka ambil untuk diri mereka sendiri,” ujar Manturov.

“Kami menginginkan hubungan kerja yang nyaman dan saling menguntungkan,” sambung Manturov.

Setelah membuat komentarnya kepada Duma, Manturov dikonfirmasi oleh anggota parlemen sebagai wakil perdana menteri baru, sambil mempertahankan jabatan menterinya, sejalan dengan dekrit yang dikeluarkan Presiden Vladimir Putin pada Selasa (12/7/2022).

Langkah itu meningkatkan pengaruhnya terhadap beberapa kebijakan ketika Rusia berusaha mempertahankan ekonominya dari sanksi Barat yang ketat.

Moskwa sejauh ini telah mengambil sejumlah langkah untuk menasionalisasi beberapa aset asing, termasuk perintah Putin pada 30 Juni agar negara mengambil kendali penuh atas proyek gas dan minyak Sakhalin-2.

Beberapa perusahaan Barat, termasuk Nike dan Cisco, telah mempercepat kepergian mereka dalam beberapa pekan terakhir di tengah spekulasi bahwa undang-undang baru sudah dekat.

Penundaan pengesahan rancangan undang-undang tentang penyitaan aset telah memberi perusahaan asing waktu ekstra.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/17/133100870/rusia-tak-tertarik-nasionalisasi-perusahaan-asing-yang-pergi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke