Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-142 Serangan Rusia ke Ukraina, Kota Vinnytsia Porak-poranda, Rusia Dikecam dalam Pertemuan Menteri Keuangan G20 di Bali

KYIV, KOMPAS.com - Serangan Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-142 pada Jumat (15/7/2022).

Ini terhitung sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi Rusia ke Ukraina yang disebutnya sebagai operasi militer khusus pada 24 Februari.

Pada perang Rusia-Ukraina hari kemarin, beberapa hal baru masih terjadi "mewarnai" perseteruan kedua negara.

Di medan perang, Kota Vinnytsia, Ukraina dilaporkan porak-poranda setelah digempur rudal Rusia. Insiden ini pun menyebabkan banyak kematian.

Sementara di luar pertempuran, invasi Rusia kembali dikecam dalam pertemuan G20 di Bali. Kali ini kecaman datang dalam pertemuan G20 untuk para menteri keuangan anggota kelompok 20 tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-142 yang kiranya penting disimak:

Rusia arahkan rudal ke Kota Vinnytsia

Rudal Rusia membuat Kota Binnytsia di Ukraina tengah tampak porak-poranda.

Dikutip dari AFP, pada Jumat, petugas penyelamat masih menggali puing-puing reruntuhan bangun, sehari setelah rudal Rusia menghancurkan Kota Vinnytsia dan menewaskan sedikitnya 23 orang.

Rusia mengeklaim serangan tersebut dengan menargetkan pertemuan pejabat militer Ukraina dan pemasok senjata asing.

"Tidak ada negara lain di dunia yang menimbulkan ancaman teroris seperti Rusia," ungkap Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menanggapi penembakan rudal di Kota Vinnytsia.

Dia pun memperingatkan jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat di kota tersebut.

Warga Inggris dilaporkan tewas dalam tahanan

Paul Urey, seorang pria Inggris yang ditangkap oleh pasukan pro-Rusia di Ukraina, meninggal dalam tahanan pada 10 Juli, kata separatis yang didukung Moskwa, dengan mengatakan dia meninggal karena diabetes.

Organisasi non-pemerintah menggambarkan Urey sebagai seorang kemanusiaan yang bekerja sebagai sukarelawan bantuan di Ukraina, sementara para separatis mengatakan dia adalah seorang tentara "profesional" yang berjuang untuk Ukraina.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan Rusia memikul "tanggung jawab penuh" atas kematian yang dilaporkan.

Rusia kembali dikecam dalam pertemuan G20 di Bali

Menteri keuangan Barat di pulau Bali untuk dua hari pembicaraan G20 mengutuk invasi Rusia ke Ukraina, menuduh pejabat negara tersebut terlibat dalam kekejaman yang dilakukan selama perang.

"Rusia bertanggung jawab penuh atas dampak negatif terhadap ekonomi global," kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen kepada delegasi Rusia dalam sesi pembukaan.

Dia bergabung dengan Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland, yang mengatakan kepada delegasi Rusia bahwa mereka bertanggung jawab atas "kejahatan perang" di Ukraina karena dukungan mereka terhadap invasi.

Siversk jadi target serangan Rusia berikutnya

Pasukan yang didukung Moskwa di wilayah Donbass, Ukraina timur mengatakan mereka mendekati target berikutnya, setelah merebut kendali kota kembar Lysychansk dan Severodonetsk dua minggu lalu.

"Siversk berada di bawah kendali operasional kami, yang berarti bahwa musuh dapat terkena tembakan kami yang diarahkan ke seluruh wilayah," kata seorang pejabat pemberontak pro-Moskwa seperti dikutip oleh kantor berita pemerintah Rusia TASS.

Rusia melihat kesepakatan ekspor biji-bijian dalam waktu dekat

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa "dokumen akhir" yang dirancang untuk membuka blokir ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina akan siap "segera", menyusul negosiasi dengan Kyiv di Istanbul minggu ini.

Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari telah mengganggu ekspor pelabuhan bentuk biji-bijian di Ukraina, yang merupakan salah satu pengekspor gandum terbesar di dunia, memperburuk krisis pangan di seluruh dunia.

AS untuk melanjutkan penerbangan ke ISS

Amerika Serikat mengatakan akan melanjutkan penerbangan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan Rusia, meskipun ada upaya untuk mengisolasi Moskwa atas invasi ke Ukraina.

"Untuk memastikan operasi Stasiun Luar Angkasa Internasional yang aman, melindungi kehidupan astronot, dan memastikan kehadiran AS yang berkelanjutan di luar angkasa, NASA akan melanjutkan kru terintegrasi di pesawat ruang angkasa awak AS dan Soyuz Rusia," kata badan antariksa AS NASA dalam sebuah pernyataan.

UE menargetkan emas Rusia

Eksekutif Uni Eropa mengusulkan untuk menargetkan ekspor emas Rusia dalam pembaruan paket sanksinya yang juga akan memperketat tindakan sebelumnya terhadap Moskwa.

Uni Eropa sejauh ini telah menyetujui enam paket sanksi terhadap Rusia.

Yang terakhir disahkan pada bulan Juni memberlakukan larangan pada sebagian besar impor minyak Rusia.

Langkah terkait ekspor emas Rusia akan dibahas pada pertemuan menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin (18/6/2022).

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/16/062000470/rangkuman-hari-ke-142-serangan-rusia-ke-ukraina-kota-vinnytsia-porak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke