Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Fakta Tetsuya Yamagami, Terungkap Rencana Penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Penangkapan Tetsuya Yamagami dilakukan langsung setelah insiden mantan PM Jepang ditembak di kota Nara saat berpidato dalam kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi.

Polisi mengatakan, Tetsuya Yamagami adalah penganggur berusia 41 tahun yang mengakui menembak Shinzo Abe dengan senjata rakitan.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah empat fakta Tetsuya Yamagami yang diketahui sejauh ini

1. Siapa Tetsuya Yamagami?

Tetsuya Yamagami mengatakan kepada polisi, dia pernah bertugas di Angkatan Laut Jepang yaitu Pasukan Bela Diri Maritim selama tiga tahun, tepatnya 2002-2005.

Baru-baru ini, dia bekerja di sebuah pabrik di Jepang barat selama sekitar 1,5 tahun tetapi berhenti pada Mei 2022, kata laporan media lokal.

"Sikapnya terhadap pekerjaan tidak menjadi masalah. Saya terkejut dan kaget," kata mantan manajernya di pabrik itu kepada surat kabar Mainichi Shimbun.

Polisi berkata, Tetsuya Yamagami berbicara berbicara apa adanya kepada aparat keamanan setelah insiden mantan PM Jepang ditembak.

Mantan teman sekelasnya di sekolah menengah yang diwawancarai oleh stasiun tv NHK berujar, tersangka pendiam tetapi tidak penyendiri, pandai dalam olahraga dan akademis.

Mereka tidak mengungkap nama organisasi yang dimaksud, tetapi media-media Jepang mengatakan itu kelompok agama, dengan mengutip sumber investigasi yang tidak disebutkan namanya.

NHK dan Mainichi Shimbun melaporkan, keluarga Tetsuya Yamagami mengalami masalah akibat sumbangan keuangan ibunya kepada organisasi tersebut.

Tetsuya Yamagami awalnya berencana menargetkan kepala kelompok itu, tetapi kemudian mengalihkan fokusnya ke Shinzo Abe yang dia yakini mempromosikan organisasi tersebut di Jepang, menurut laporan Kyodo News yang juga mengutip sumber investigasi anonim.

Polisi telah menggeledah rumah Tetsuya Yamagami dan menyita beberapa barang mirip senjata buatan tangan.

Tetsuya Yamagami diduga membuat setidaknya satu senjata beberapa bulan lalu, kata kantor berita Jiji.

Jiji juga melaporkan bahwa Yamagami ikut ambil bagian dalam latihan menembak langsung di Angkatan Laut.

Polisi mengatakan, Tetsuya Yamagami mengetahui tentang kunjungan Shinzo Abe ke Nara secara online.

Tetsuya Yamagami diyakini naik kereta api ke stasiun untuk menuju lokasi Shinzo Abe berpidato.

  • Kekerasan Senjata Jarang Terjadi di Jepang, Penembakan Shinzo Abe Pengecualian
  • Mantan PM Jepang Ditembak dan Tewas, Jenazah Shinzo Abe Dibawa ke Tokyo
  • Satu Per Satu Pelayat Datangi Lokasi Pembunuhan Mantan PM Jepang Shinzo Abe

4. Seperti apa rupa Tetsuya Yamagami?

Dalam video amatir dari insiden Shinzo Abe ditembak, Tetsuya Yamagami mengenakan celana kargo coklat dan kemeja abu-abu polos.

Mulut dan hidungnya ditutupi masker bedah putih, dan dia mengenakan kacamata berbingkai kecil. Rambutnya berponi panjang.

 

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/09/193600270/4-fakta-tetsuya-yamagami-terungkap-rencana-penembakan-mantan-pm-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke