Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaliningrad, Enklave Rusia dekat Laut Baltik yang Punya Nilai Strategis dan Militer

KOMPAS.com - Lituania mulai minggu ini melarang barang-barang yang terkena sanksi Uni Eropa diangkut dari Rusia ke Kaliningrad dan sebaliknya melalui wilayahnya. Barang-barang yang dilarang termasuk batu bara, logam, dan bahan bangunan.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengecam larangan itu sebagai "permusuhan secara terbuka", dan menuntut agar lalu lintas transit melalui wilayah itu segera dipulihkan.

Moskwa memperingatkan bahwa Lituania mungkin menghadapi tindakan "dampak negatif yang serius" sebagai tanggapan atas pelarangan itu.

Kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa transportasi makanan juga telah diblokir.

Namun, Lituania mengatakan negara itu harus memenuhi tanggung jawabnya sebagai anggota Uni Eropa dengan menerapkan sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina.

Geografi dan sejarah

Kawasan Kaliningrad adalah wilayah paling barat Rusia yang berbentuk enklave. Artinya, wilayah yang tidak berbatasan dengan daratan Rusia.

Kaliningrad berbatasan dengan Lituania di utara dan timur, Polandia di selatan, dan ada Laut Baltik di sebelah Barat.

Kawasan Kaliningrad mencakup area seluas 15.000 kilometer persegi, kira-kira seukuran Timor Leste, dan memiliki populasi sekitar satu juta orang.

Ibu kotanya adalah kota Kaliningrad, di mana sekitar setengah dari populasinya tinggal.

Daerah Kaliningrad dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Prusia dan memiliki populasi berbahasa Polandia, Lituania, dan Jerman.

Nama Jerman untuk kota Kaliningrad dulunya adalah Königsberg. Tapi, setelah kekalahan Nazi Jerman pada akhir Perang Dunia II, wilayah itu diserahkan kepada Uni Soviet.

Sejak itu nama Konigsberg diganti dengan Kaliningrad, nama yang juga digunakan untuk seluruh kawasan enklave. Setelah runtuhnya Uni Soviet, Kaliningrad menjadi bagian dari Rusia.

Mengapa Kaliningrad penting bagi Rusia?

Lokasi geografis Kaliningrad punya nilai strategis dan militer yang menguntungkan. Bagi Rusia, ini adalah satu-satunya pelabuhan di Laut Baltik yang bebas es sepanjang tahun.

Karena itu, Armada Laut Baltik Rusia berpangkalan di sini. Rusia juga memiliki rudal nuklir di Kaliningrad, dengan jarak serang cukup dekat ke kota-kota utama di Eropa.

Kaliningrad juga merupakan pusat perdagangan batu ambar dunia. Sekitar 90 persen cadangan ambar dunia ada di daerah ini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/25/203200570/kaliningrad-enklave-rusia-dekat-laut-baltik-yang-punya-nilai-strategis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke