Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aktivis Korsel Terbangkan 1 Juta Selebaran Anti-Korut Lewat Balon Udara

Dilansir Al Jazeera, Park Sang Hak, seorang pembelot dari Korea Utara yang kini menjadi aktivis, mengatakan bahwa ia melanjutkan kampanye selebaran massal minggu ini setelah menghentikan kegiatan tersebut selama satu tahun.

Ini dilakukannya lagi setelah penyelidikan polisi dan pengadilan padanya karena mengirim balon melintasi perbatasan tahun lalu.

Undang-undang yang mulai berlaku pada Maret 2021 menghukum selebaran anti-Pyongyang hingga tiga tahun penjara dan telah diperdebatkan dengan hangat di Korsel.

Para kritikus mengatakan pemerintah liberal Seoul mengorbankan kebebasan berbicara untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Utara.

Park mengatakan kelompoknya, Pejuang untuk Pembebasan Korea Utara, melayangkan 20 balon besar yang membawa selebaran yang kritis terhadap program nuklir Korea Utara dan keluarga Kim.

Balon melintasi perbatasan Korea yang diliputi rasa tegang.

Park mengatakan balon-balon itu juga berisi gambar presiden konservatif Korea Selatan yang akan datang, Yoon Suk Yeol, untuk menunjukkan kepada warga Korea Utara perbedaan antara sistem pemilihan Korea Selatan dan suksesi ayah-ke-anak di Korea Utara.

Dia mengatakan buku-buku kecil dan stik USB, yang membawa informasi tentang perkembangan ekonomi dan budaya Korea Selatan, juga dimasukkan ke dalam balon.

“Korea Utara telah menipu kita. Ia pernah mengatakan akan membatalkan nuklirnya tetapi pemimpinnya Kim Jong Un dan saudara perempuannya Kim Yo Jong sekarang mengancam untuk meluncurkan serangan nuklir ke Korea Selatan dan komunitas internasional. Saya ingin mengutuk tindakan seperti itu,” kata Park.

Polisi di provinsi Gyeonggi, yang memiliki yurisdiksi atas wilayah perbatasan tempat Park mengeklaim telah meluncurkan balon, mengatakan mereka sedang memeriksa rincian tentang kegiatan Park.

Mereka mengatakan mereka tidak mengetahui selebaran yang dilaporkan Park sebelumnya.

Para ahli mengatakan banyak selebaran yang diluncurkan di masa lalu mendarat di garis depan wilayah Korea Selatan.

Korea Utara belum bereaksi terhadap selebaran apa pun minggu ini.

Korea Utara sangat sensitif tentang segala upaya luar untuk melemahkan kepemimpinan Kim Jong Un dan melemahkan kendali absolutnya atas 26 juta penduduk negara itu, yang sebagian besar memiliki sedikit akses ke berita asing.

Pada tahun 2020, Korea Utara meledakkan kantor penghubung kosong yang dibangun Korea Selatan di wilayahnya setelah membuat marah terhadap kampanye selebaran sipil Korea Selatan.

Pada tahun 2014, Korea Utara menembakkan balon propaganda yang terbang menuju wilayahnya dan Korea Selatan membalas tembakan, meskipun tidak ada korban jiwa.

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/30/110000670/aktivis-korsel-terbangkan-1-juta-selebaran-anti-korut-lewat-balon-udara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke