Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KABAR DUNIA SEPEKAN: Telur Cokelat Kinder Ditarik di Berbagai Negara | Pembantaian di Bucha Ukraina

KOMPAS.com - Kabar soal jajan telur cokelat Kinder, yang ditarik di berbagai negara, menjadi berita yang paling banyak mendapat sorotan pembaca kanal Global Kompas.com sepanjang minggu lalu.

Selain itu, masih dari perkembangan invasi Rusia ke Ukraina, temuan di Bucha mengejutkan banyak pihak. Termasuk jasad wali kota yang setengah terkubur di kuburan hutan pinus dekat rumahnya di kota Motyzhyn.

Ada juga kabar soal rencana yang dilakukan Indonesia untuk membeli minyak Rusia, yang berbeda dari pada langkah negara-negara lain, yang mencoba menekan Rusia lewat berbagai sanksinya.

Berikut kami rangkum berita internasional paling populer dari kanal Global Kompas.com dalam Kabar Dunia Sepekan edisi Senin (4/4/2022) hingga (10/4/2022).

1. Telur Cokelat Kinder Ditarik dari Pasaran di Inggris karena Kekhawatiran akan Salmonella

Para orang tua di Inggris telah didesak untuk tidak memberi anak-anak mereka jajanan telur cokelat Kinder Surprise tertentu karena kemungkinan adanya Salmonella.

Badan Standar Makanan Inggris (FSA) mengatakan “telur” tersebut memiliki hubungan potensial dengan wabah Salmonella di mana 57 kasus telah ditemukan, dengan lebih dari tiga perempatnya adalah anak-anak berusia lima tahun atau lebih muda.

Dilansir dari Sky News, Ferrero, yang memiliki merek Kinder, telah menarik kembali sejumlah produk telur 20 g satuan dan produk telur yang datang dalam kemasan tiga buah dengan tanggal “baik digunakan sebelum” 11 Juli 2022 dan 7 Oktober 2022.

Baca selengkapnya di sini.

2. Wali Kota Motyzhyn Ukraina Ditemukan Tewas dengan Tangan Terikat bersama Suami dan Putranya

Otoritas Ukraina menemukan jasad lima warga sipil dengan tangan terikat di sebuah desa di sebelah barat Kyiv, termasuk mayat wali kota, suami dan putranya.

Polisi menunjukkan empat jenazah itu kepada wartawan AFP, termasuk jasad wali kota yang setengah terkubur di kuburan hutan pinus dekat rumahnya di kota Motyzhyn.

Adapun jenazah kelima ditemukan di sumur kecil di taman. Baca selengkapnya di sini.

3. Kenapa Indonesia Mau Beli Minyak Rusia Saat Negara Lain Melarang?

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah mengeluarkan ancaman akan menghentikan pasokan gas ke negara-negara yang "tidak bersahabat" jika mereka tidak membayar impor gas dalam mata uang rubel Rusia.

Ancaman itu muncul setelah Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Inggris memberlakukan pembatasan impor minyak dan gas dari Rusia akibat invasinya ke Ukraina Februari lalu.

Di tengah upaya negara-negara yang membatasi hingga menghentikan impor energi dari Rusia, Indonesia, melalui perusahaan BUMN Pertamina, berencana membeli minyak mentah dari Rusia yang harganya lebih murah dari pasar internasional.

Baca selengkapnya di sini.

4. Pria Ini Nikahi 3 Pacarnya Sekaligus, tetapi Mempelai Wanita yang Siapkan Mahar Rp 42 Juta

Seorang pria Thailand bernama Suea Supareek (35) menikah dengan tiga pacarnya di mana ketiga wanita itulah yang membayar mahar masing-masing 100.000 baht (Rp 42 juta).

Sebelum menikah, Suea yang berprofesi sebagai tabib lokal di Provinsi Nonthaburi ini rupanya telah berpacaran dengan ketiga wanita tersebut selama bertahun-tahun dan telah memiliki sembilan anak.

Dilansir Thaiger, Senin (4/4/2022), ketiga wanita tersebut masing-masing bernama Nutcharin Phankat (30), Pitchaya Suraseeruangchai (35), dan Kawinthida Kulapatchaiyapoom (31).

Baca selengkapnya di sini.

5. Penumpang Malaysia Airlines yang Menukik: Rasanya seperti Mau Mati

Penerbangan Malaysia Airlines (MAS) dari Kuala Lumpur ke Tawau di Sabah dilaporkan melayang ekstrem beberapa ribu kaki di udara, Minggu (3/4/2022).

Penumpang pun panik saat pesawat menukik tajam dari ketinggian. Penumpang penerbangan Halimah Nasoha menulis dalam sebuah unggahan Facebook pada Senin (4/4/2022) bahwa dia naik penerbangan MH2664 pada Minggu pukul 14.30 waktu setempat.

Dia mengeklaim bahwa sekitar pukul 15.03, menurut situs FlightRadar24, pesawat tiba-tiba jatuh dari ketinggian 31.000 kaki menjadi 24.000 kaki dalam hitungan detik.

Baca selengkapnya di sini.

6. Rusia Akui Alami Kerugian Signifikan, Beri Sinyal Akhiri Operasi dalam Waktu Dekat

Juru bicara Vladimir Putin telah mengakui kehilangan signifikan pasukan Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai.

Dia mengatakan kepada Sky News pada Kamis (7/4/2022), bahwa kematian mereka adalah tragedi.

Dmitry Peskov, dalam wawancara siaran pertamanya dengan media Barat, juga menyampaikan bahwa Rusia berharap operasi militer di Ukraina akan mencapai tujuannya dalam beberapa hari mendatang.

Dia mengatakan kepada jurnalis Sky News bahwa, "kita hidup di hari-hari kepalsuan dan kebohongan".

Baca selengkapnya di sini. 

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/11/054400670/kabar-dunia-sepekan--telur-cokelat-kinder-ditarik-di-berbagai-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke