Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS Akan Boikot KTT G20 jika Rusia Diundang, Termasuk Indonesia?

Reuters melaporkan, komentar Yellen pada sidang Komite Jasa Keuangan DPR AS tersebut menimbulkan pertanyaan tentang peran masa depan G20 setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sejak 2008, G20 menjadi forum internasional utama untuk isu-isu mulai dari bantuan Covid-19 hingga utang lintas batas.

Yellen mengatakan kepada anggota parlemen, invasi Rusia ke Ukraina dan pembunuhan warga sipil di Bucha "adalah tindakan tercela, penghinaan yang tidak dapat diterima terhadap tatanan global berbasis aturan, dan akan memiliki dampak ekonomi yang sangat besar di Ukraina dan sekitarnya."

Menkeu AS tersebut juga berujar, pemerintahan Biden ingin mendorong Rusia keluar dari partisipasi aktif di lembaga-lembaga internasional utama, tetapi mengakui tidak mungkin mendepaknya dari Dana Moneter Internasional (IMF) karena ada aturannya.

"Presiden Biden sudah menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa itu tidak bisa menjadi bisnis seperti biasa bagi Rusia di lembaga keuangan mana pun," kata Yellen dikutip dari Reuters.

“Dia meminta agar Rusia dikeluarkan dari G20, dan saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana,” kata Yellen.

Indonesia memegang presidensi G20 tahun ini dan akan menjadi tuan rumah KTT tersebut pada November 2022.

Rusia menyatakan bahwa Presiden Vladimir Putin untuk menghadiri KTT G20 Indonesia di Bali tahun ini, dan mendapat dukungan China untuk tetap berada di kelompok tersebut.

Indonesia tidak dapat mendepak atau membatalkan undangan anggota G20 mana pun, termasuk Rusia, dan hadir tidaknya sebuah negara tergantung kepada negara itu sendiri.

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/07/163000870/as-akan-boikot-ktt-g20-jika-rusia-diundang-termasuk-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke