Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zelensky: Rusia Tutup Akses ke Mariupol untuk Tutupi Bukti Ribuan Orang Tewas

"Alasan mengapa kami tidak bisa masuk ke Mariupol dengan kargo kemanusiaan tepatnya adalah karena mereka takut ... bahwa dunia akan melihat apa yang terjadi di sana," ujar Zelensky kepada TV Turki Haberturk.

"Saya pikir itu adalah tragedi di sana, ini neraka, saya tahu itu bukan puluhan, tetapi ribuan orang, orang yang berbeda-beda, yang terbunuh di sana dan ribuan lainnya terluka," imbuh Zelensky dikutip dari AFP.

Namun, dia yakin Rusia tidak akan berhasil menyembunyikan semua bukti.

"Mereka tidak akan bisa menyembunyikan semua ini dan mengubur semua orang Ukraina yang tewas dan terluka. Jumlahnya memang seperti itu, ribuan orang, tidak mungkin disembunyikan," ungkapnya.

Zelensky lalu mengatakan, Rusia berusaha menyembunyikan bukti kejahatan di kota Bucha di luar Kyiv dan beberapa kawasan di dekatnya, saat para pejabat Ukraina menuduh Moskwa melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap warga sipil.

"Mereka membakar keluarga. Keluarga. Kemarin kami menemukan lagi keluarga baru: ayah, ibu, dua anak. Anak-anak kecil, dua. Satu tangan kecil," kata Zelensky. "Itulah mengapa saya bilang 'mereka adalah Nazi'."

Ditanya tentang melanjutkan pembicaraan damai dengan Rusia, Zelensky menyebut itu harus terwujud.

"Saya pikir sulit untuk menghentikan perang ini tanpa itu (pembicaraan damai)," kata Zelensky.

Namun Zelensky menambahkan, dia kesulitan melanjutkan pembicaraan dengan Moskwa, "Karena kami mengerti dengan siapa kami berhadapan".

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/07/130300470/zelensky--rusia-tutup-akses-ke-mariupol-untuk-tutupi-bukti-ribuan-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke