Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konten Pendaratan Pesawat Lawan Badai Eunice Jadi Viral, Pilot Ungkap Kondisi Kokpit Saat Itu

HEATHROW, KOMPAS.com - Kapten Pilot membagikan video aktual dalam kokpit, setelah Big Jet TV membuat pendaratannya melawan Badai Eunice viral dengan 7 juta penonton.

Melalui Instagramnya, Kapten Pilot Khalifa Al Thani mengunggah cuplikan kokpit dari pendaratan Boeing 777 Qatar Airways selama Storm Eunice pada Jumat (18/2/2022) di Bandara Heathrow kemarin, dikombinasikan dengan komentar animasi Big Jet TV.

Saat itu, lebih dari 200.000 orang menonton siaran langsung dari saluran YouTube yang dipandu oleh Jerry Dywer, yang berdiri di vannya di ujung Runway 27 Bandara Heathrow saat pesawat menghadapi kondisi yang mengerikan.

Kapten Qatar Airways Khalifa Al Thani telah memasang kamera di kokpitnya sebelum kedatangannya di Heathrow, yang merekamnya saat dia menjaga pesawatnya tetap segaris dengan landasan pacu.

Mantan Juara Dunia Formula Satu Damon Hill melihat rekaman penanganan pesawat Kapten Al Thani dan berkata: “Ini patut dihormati”.

Lusinan pesawat harus meninggalkan upaya pendaratan ke Heathrow pada hari itu karena angin melebihi tingkat aman. Ini pula yang membuat rekaman Jet TV benar-benar menarik.

Siaran maraton delapan jam menunjukkan satu jet melayang di atas landasan, mendorong Dyer berkomentar: “Ooh hati-hati... kau harus segera turun, sobat... ah ha ha, bagus sekali.”

Dari dalam kokpit, rekaman menunjukkan Kapten Al Thani dengan satu tangan di kuk kontrol. Tangannya yang lain dengan kuat memegang ‘throttle’ jet besar itu.

Kapten Al Thani terpaksa melakukan penyesuaian terus-menerus saat dia melakukan pendekatan dengan menggerakkan kuk dengan cepat untuk melawan angin yang bertiup kencang.

Dalam video dalam kokpit yang diunggahan di Instagram, Sang Kapten berkata: “Terima kasih banyak kepada "Big Jet Tv" untuk liputan yang luar biasa hari ini dan rekaman eksteriornya.”

Saat Dwyer berkomentar agar pilot “beralih ke pembalik”, video menunjukkan tangan Kapten Al Thani bergerak untuk mengoperasikan pembalik dorong yang memaksa tenaga mesin maju untuk membantu pengereman.

Dalam dua hari penayangannya pada Minggu (20/2/2022), konten youtube berdurasi nyaris 8 jam itu secara total telah ditonton sebanyak 7 juta kali.

Berbicara kepada program Today BBC Radio 4, Mr Dyer berkata: “Kemarin, ketika seluruh Badai Eunice, dan sebelum Badai Dudley itu... Saya katakan di pagi hari... Saya berpikir apakah mungkin bisa menjangkau 30.000 orang yang menonton secara langsung, sebanyak yang kami lakukan selama (meliput) Badai Ciara.”

“Sesekali Anda akan melirik jumlah orang yang menonton seperti 88.000 orang... 105.000 orang - itu menjadi gila,” kenangnya sebagaimana dilansir Daily Mail.

Dyer mengatakan pada satu titik ada 238.000 pemirsa menonton langsung selama popularitas puncak saluran pada Jumat (18/2/2022).

https://www.kompas.com/global/read/2022/02/20/112731670/konten-pendaratan-pesawat-lawan-badai-eunice-jadi-viral-pilot-ungkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke