Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepala Agen Mata-mata Denmark Ditahan, Diduga Bocorkan Informasi Rahasia

KOPENHAGEN, KOMPAS.com – Kepala agen mata-mata Denmark, Lars Findsen, dipenjara selama lebih dari sebulan karena diduga membocorkan informasi rahasia.

Findsen, Kepala Dinas Intelijen Luar Negeri Denmark, dikabarkan sebagai salah satu dari empat orang yang ditangkap pada Desember 2021 karena kebocoran informasi rahasia.

Dinas Keamanan dan Intelijen Denmark (PET) sebelumnya melaporkan telah menyelidiki adanya kebocoran data rahasia.

Melansir CNN, Selasa (11/1/2022), Findsen ditangkap pada 9 Desember 2021.

Sedangkan ketiga orang lain yang ditangkap adalah pegawai dan mantan pegawai PET serta pegawai Dinas Intelijen Pertahanan Denmark (DDIS).

Findsen sendiri sempat menjabat sebagai kepala DDIS sejak 2015. Dia juga pernah menjadi kepala Badan Intelijen Polisi dan kepala departemen di Kementerian Pertahanan Denmark.

CNN melaporkan, hanya ada sedikit detail yang diketahui dari kasus tersebut, termasuk sifat dugaan kebocoran. Sidang digelar secara tertutup.

Pada saat penangkapan, PET mengatakan, keempat orang tersebut didakwa yang bisa membuat mereka dihukum maksimum 12 tahun penjara.

Pengacara Findsen, Lars Kjeldsen, mengatakan kepada CNN bahwa kliennya membantah semua tuduhan terhadapnya.

Kjeldsen menuturkan, sidang tertutup berikutnya dari persidangan dijadwalkan dalam waktu satu bulan.

Ketika dimintai perincian lebih lanjut tentang tuduhan itu, PET mengatakan kepada CNN bahwa mereka tidak memiliki komentar lebih lanjut.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/12/143100670/kepala-agen-mata-mata-denmark-ditahan-diduga-bocorkan-informasi-rahasia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke