Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Muncul 2 Kasus Omicron, China Uji 14 Juta Orang di Kota Tianjin

Kedua kasus Omicron itu termasuk lebih dari 20 kasus Covid-19 yang dilaporkan di Tianjin dalam beberapa hari terakhir, lapor media yang dikontrol pemerintah.

Kebanyakan kasus baru Covid-19 ini diimpor dari luar negeri, menurut Komisi Kesehatan Nasional.

Ada setidaknya dua kasus varian Omicron, serta 15 kasus di siswa sekolah dasar dan menengah, menurut berbagai laporan media pemerintah yang dikutip AFP.

Kota dekat ibu kota Beijing itu meluncurkan pengujian massal pada Minggu pagi, menyarankan penduduk untuk tinggal di atau dekat rumah agar bisa dites di sekitar situ.

Namun, sejauh ini, tidak ada perintah lockdown ketat.

China, tempat virus corona kali pertama terdeteksi pada 2019, sejauh ini hanya melaporkan segelintir kasus Omicron.

"Negeri Panda" secara ketat menerapkan pendekatan tanpa toleransi karena wabah terus muncul menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing bulan depan.

Penduduk Tianjin diberitahu bahwa jika mereka tidak mendapatkan hasil tes negatif, mereka tak akan menerima kode "hijau" pada aplikasi pelacak Covid pada smartphone yang sekarang harus ditunjukkan oleh hampir semua orang di China saat menggunakan transportasi umum dan situasi lain.

Tianjin adalah kota pelabuhan utama sekitar 150 kilometer tenggara Beijing.

Sementara itu di Xi'an, rumah bersejarah bagi Terracotta Warriors yang terkenal di China, dikunci bulan lalu, memaksa 13 juta penduduknya berada di dalam ruangan.

Jumlah kasus baru di sana telah melambat dalam beberapa hari terakhir.

Pejabat menghadapi keluhan dari warga Xi'an atas penanganan lockdown yang kacau, termasuk akses yang buruk ke makanan dan kebutuhan sehari-hari.

Ada juga kasus-kasus viral seperti keguguran yang diderita oleh seorang ibu hamil delapan bulan yang ditolak masuk ke rumah sakit tanpa tes Covid-19.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/10/073100670/muncul-2-kasus-omicron-china-uji-14-juta-orang-di-kota-tianjin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke