Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taliban Menjamin Keamanan Utusan Kedutaan yang Kunjungi Afghanistan

KABUL, KOMPAS.com - Beberapa jam setelah India mengumumkan pengiriman vaksin dan gandum untuk Afghanistan, Taliban menegaskan kembali bahwa mereka akan memberikan perlindungan kepada diplomat.

Para diplomat dari negara-negara yang ingin membuka kembali kedutaan tertutup di Kabul, akan diberi jaminan keamanan.

Dilansir Hindu Times, jaminan akan diberikan terhadap situasi lapangan saat ini, baik di Kabul dan di kota-kota besar lainnya di Afghanistan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan keamanan bagi semua kedutaan dan diplomat mereka agar berfungsi normal jika mereka kembali ke Kabul,” kata Suhail Shaheen, Wakil Tetap Taliban untuk PBB.

Taliban telah memberikan beberapa jaminan selama beberapa bulan terakhir kepada masyarakat internasional.

Ini mencakup keselamatan diplomat dan pekerja di organisasi internasional.

Meski begitu, keamanan di Kabul belum membaik sejauh ini.

Taliban telah memberi pengarahan kepada pejabat dari beberapa negara, termasuk Turki, Cina, Pakistan, Republik Kirgistan, Qatar dan Inggris tentang tantangan keamanan di lapangan.

Namun, India belum mengirim tim diplomatik kembali ke Kabul untuk laporan langsung, meskipun jangkauan kemanusiaannya telah meluas ke negara yang dilanda perang itu.

Janji pengiriman gandum dengan dukungan fasilitas transit dari Pakistan, bagaimanapun, menunjukkan bahwa Delhi semakin condong untuk melibatkan Taliban secara tidak langsung melalui organisasi internasional seperti Program Pangan Dunia.

Keterlibatan lebih lanjut dari Taliban dengan menempatkan diplomat resmi di kedutaan India, yang ditutup pada Agustus 2021, akan dicoba setelah pemeriksaan dan verifikasi yang cermat.

Pilihan India saat ini dibatasi oleh fakta bahwa Taliban belum menerima pengakuan resmi dari India, meskipun Afghanistan yang dikuasai Taliban siap menerima kiriman gandum dan obat-obatan dalam jumlah besar dari India.

Para pejabat mengatakan India saat ini sedang berunding dengan Pakistan dan organisasi internasional lainnya untuk mencari tahu modalitas untuk ekspor kiriman besar.

India juga telah menuntut akses "tanpa hambatan" untuk membantu memberikan bantuan kemanusiaan dengan cara yang "non-diskriminatif".

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/04/144831970/taliban-menjamin-keamanan-utusan-kedutaan-yang-kunjungi-afghanistan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke