Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tornado Terparah Terjang Kentucky AS, 50 Orang Tewas

Beberapa wilayah di Kentucky hancur, dengan tornado terkuatnya memporak-porandakan Kentucky sepanjang 321 kilometer, kata gubernur Andy Beshear, dikutip dari AFP.

"Saya khawatir ada lebih dari 50 orang tewas... mungkin lebih ke antara 70 dan 100, itu menghancurkan," katanya, menambahkan ini adalah "tornado paling parah dalam sejarah Kentucky".

Gubernur melanjutkan, robohnya atap di sebuah pabrik lilin mengakibatkan korban massal di kota Mayfield.

"Sebelum tengah malam saya mengumumkan keadaan darurat," ujar Beshear.

Tornado Kentucky datang saat badai melanda beberapa negara bagian AS.

Sebuah badai sebelumnya menghancurkan gudang besar Amazon di negara bagian Illinois AS pada Jumat (10/11/2021), kata para pejabat. Media lokal melaporkan, sekitar 100 pekerja terperangkap di dalamnya.

Para petugas bekerja hingga Sabtu dini hari untuk menyelamatkan para pekerja di fasilitas itu - sepertiga di antaranya menjadi puing-puing - yang bekerja di shift malam untuk memproses pesanan menjelang liburan Natal.

Badan Manajemen Darurat Collinsville menggambarkannya sebagai insiden korban massal dengan banyak subyek terperangkap di Gudang Amazon.

Peringatan tornado diberlakukan di daerah tersebut pada saat kejadian.

Video yang ditayangkan di saluran berita AS dan media sosial dari gudang Edwardsville Amazon menunjukkan, sebagian besar atap fasilitas robek sementara salah satu dinding ambruk ke dalam gedung, dan puing-puing berserakan di seluruh tempat itu.

Gubernur Illinois JB Pritzer mengatakan, "Doa saya bersama orang-orang Edwardsville malam ini."

"Polisi negara bagian Illinois dan Badan Manajemen Darurat Illinois berkoordinasi erat dengan petugas setempat dan saya akan terus memantau situasi," tambahnya.

Dalam pernyataan yang dikirim ke media lokal, juru bicara Amazon Richard Rocha mengatakan, "Keselamatan dan kesejahteraan karyawan serta mitra kami adalah prioritas utama saat ini. Kami sedang menilai situasi dan akan memberikan informasi tambahan jika tersedia."

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/11/210100570/tornado-terparah-terjang-kentucky-as-50-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke