Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Delegasi AS Gelar Pertemuan dengan Taliban di Qatar, Ini yang Dibahas

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Delegasi AS mengadakan pembicaraan dengan perwakilan senior Taliban Afghanistan di Qatar pada Senin (29/11/2021) dan Selasa (30/11/2021).

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan, delegasi tersebut dipimpin oleh perwakilan khusus AS untuk Afghanistan, Thomas West.

Delegasi AS tersebut terdiri dari komunitas intelijen, Kementerian Keuangan AS, dan badan bantuan internasional AS atau USAID.

Dari pihak Taliban sendiri juga ada bebera tokoh profesional teknokrat Afghanistan dalam pertemuan tersebut.

Kedua belah pihak membahas tanggapan masyarakat internasional terhadap krisis kemanusiaan di Afghanistan.

Kementerian Luar Negeri AS menambahkan, delegasi AS berjanji untuk terus mendukung upaya PBB untuk mengatasi situasi tersebut sebagaimana dilansir Reuters.

Kementeian tersebut menambahkan, delegasi AS juga menyatakan keprihatinannya mengenai tuduhan pelanggaran hak asasi manusia di Afghanistan.

Mereka lantas mendesak Taliban melindungi hak-hak semua warga Afghanistan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan yang inklusif dan representatif.

Delegasi AS turut mendesak Taliban untuk berkomitmen menyediakan akses pendidikan ke seluruh negeri di semua tingkatan untuk anak perempuan dan perempuan.

Kementerian Luar Negeri AS menuturkan, Taliban bersedia terlibat dengan komunitas internasional tentang akses penuh ke pendidikan di Afghanistan.

“Dan menyambut baik upaya untuk memverifikasi dan memantau kemajuan untuk mendaftarkan anak perempuan dan perempuan di semua tingkatan sekolah," kata Kementerian Luar Negeri AS.

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/01/113319170/delegasi-as-gelar-pertemuan-dengan-taliban-di-qatar-ini-yang-dibahas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke