Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banjir Bandang Kanada: 3 Jenazah Ditemukan, Pasokan Energi Menipis

ABBOTSFORD, KOMPAS.com – Provinsi British Columbia di Kanada diterjang banjir bandang. Pada Sabtu (20/11/2021) tim pencari menemukan tiga jenazah yang hanyut akibat tanah longsor.

Beberapa wilayah di provinsi tersebut sebelumnya diguyur curah hujan yang sangat lebat dan badai hingga melumpuhkan aktivitas, mendorong krisis makanan dan bahan bakar.

Ketika curah hujan mencapai level tertingginya dan diterjang banjir, provinsi di paling barat Kanada tersebut mengumumkan keadaan darurat.

Sistem cuaca memprediksi, akan ada hujan lebat lagi di dataran rendah British Columbia pada Minggu (21/11/2021) sebagaimana dilansir Reuters.

Karena situasi tersebut, pemerintah provinsi memberlakukan pembatasan pembelian bahan bakar untuk sementara waktu.

Selain itu, pemerintah setempat juga melarang perjalanan non-esensial sejak Jumat (19/11/2021) guna mengurangi gangguan rantai pasokan dan membantu pekerjaan pemulihan.

Kepala Koroner Provinsi British Columbia Lisa Lapointe mengatakan, tahun ini merupakan tahun yang sulit bagi warga di provinsi itu.

“Hati saya tertuju pada banyak keluarga dan komunitas yang telah menderita ketugian yang tragis,” kata Lapointe.

Provinis British Columbia mulai diterjang badai sejak pekan lalu yang membuat ditutupnya pipa Trans Mountain memotong dua jalur rel penting timur-barat milik Canadian Pacific Railway dan Canadian National Railway.

Kedua jalur tersebut mengarah ke pelabuhan tersibuk di Kanada, Vancouver. Kondisi tersebut menghambat pasokan bahan bakar dan barang-barang.

Canadian Pacific Railway mengatakan, pekerjaan untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak akan terus berlanjut dan layanan harus dipulihkan pada pertengahan minggu depan.

Sekitar 14.000 orang masih berada di bawah perintah evakuasi di beberapa komunitas di Provinis British Columbia.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/21/101512170/banjir-bandang-kanada-3-jenazah-ditemukan-pasokan-energi-menipis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke