Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi Jabat Konjen RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana Sapa Warga dan Diaspora Indonesia

Pada Jumat malam (17/9/2021) ia beserta keluarganya memperkenalkan diri sekaligus menyapa masyarakat dan diaspora Indonesia di New South Wales, Queensland, dan South Australia secara virtual.

“Bertugas sebagai Konjen RI Sydney merupakan suatu amanah dan tanggung jawab yang besar yang harus saya emban sebaik-baiknya,” demikian disampaikan Konjen Vedi dalam sambutan pembukaannya, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

Dilantik oleh Menteri Luar Negeri pada 18 Agustus, Konjen Vedi mengharapkan dukungan dan kerja sama seluruh masyarakat serta diaspora Indonesia dalam pelaksanaan tugas dan misi diplomasi Indonesia ke depan.

Acara Malam Perkenalan dihadiri tidak kurang dari 165 peserta yang berasal dari berbagai organisasi, komunitas masyarakat, dan diaspora Indonesia di New South Wales, Queensland, serta South Australia, termasuk di antaranya organisasi keagamaan, komunitas seni dan budaya, komunitas pebisnis diaspora, juga organisasi mahasiswa Indonesia.

Sejumlah pimpinan organisasi dan tokoh masyarakat Indonesia turut memberikan kata sambutan, di antaranya Presiden Indonesian Community Council (ICC) NSW, Presiden Indonesian Diaspora Network (IDN) NSW, Presiden IDN QLD, perwakilan IDN SA, Presiden Indonesian Business Council (IBC) NSW, dan Presiden Persatuan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) NSW.

Sambutan yang disampaikan secara garis besar berisi dukungan dan harapan kolaborasi yang semakin baik antara masing-masing organisasi dengan KJRI Sydney di masa mendatang.

Acara Malam Perkenalan turut dihadiri Duta Besar RI untuk Australia, Kristiarto Legowo beserta istrinya, Cecilia Legowo.


“Tingginya jumlah peserta pada acara malam perkenalan menandakan bahwa kedatangan Konjen RI Sydney telah dirindukan masyarakat dan diaspora Indonesia di New South Wales, Queensland, dan South Australia,” ujar Dubes Kristiarto Legowo dalam sambutannya.

Sebagai orang yang pernah bekerja satu tim, Dubes Kristiarto memastikan bahwa Konjen Vedi merupakan pekerja keras dan berdedikasi tinggi, sosok yang tepat dalam memimpin pelaksanaan misi diplomasi dan pelayanan perlindungan WNI di wilayah kerja.

Konjen Vedi Buana tiba di Sydney bersama istri, Fanny Erlita Buana, dan kedua putrinya, Zalfa dan Amara, pada 7 September 2021.

Saat ini mereka masih menjalani masa karantina sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat.

Konjen kelahiran Cilegon, Banten, 50 tahun silam ini sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri.

Dalam perjalanan kariernya, Vedi Kurnia Buana yang juga alumnus Universitas Padjajaran ini juga pernah bertugas di KJRI Hong Kong, KJRI Cape Town, dan KBRI Seoul.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/21/104033670/resmi-jabat-konjen-ri-di-sydney-vedi-kurnia-buana-sapa-warga-dan-diaspora

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke