Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Foto Pejabat Filipina Lebih Besar dari Peraih Emas Olimpiade, Apakah Asli?

Pasalnya, ini adalah medali emas pertama Filipina di Olimpiade selama hampir satu abad.

Hidilyn Diaz menjuarai cabor angkat besi putri kategori 55 kg pada Senin (26/7/2021) di partisipasi Olimpiade keempatnya.

Tak pelak berbagai ucapan selamat pun mengalir kepada atlet berusia 50 tahun itu, dari Presiden Rodrigo Duterte, militer, hingga pejabat.

Salah satu ucapan yang viral di media sosial adalah poster Wali Kota Quezon City, Joy Belmonte, yang fotonya malah jauh lebih besar dari sang peraih medal emas.

Poster ucapan pejabat itu viral di media sosial bahkan sampai Indonesia karena tren yang serupa.


Dikutip dari philnews.ph pada Kamis (29/7/2021), Joy Belmonte membantah poster itu resmi dari kantornya.

"Meski benar saya bergabung dengan seisi negara untuk merayakan kemenangan medali emas Olimpiade bersejarah dari Hidilyn Diaz, sama sekali tidak benar bahwa 'pesan ucapan selamat' yang menggunakan foto saya itu bikinan saya, atau siapa pun dari Pemerintah Quezon City," terangnya.

Belmonte pun tidak membawa poster itu ke perkara pencemaran nama baik, dan lebih fokus memuji buah kerja keras Hidilyn Diaz di Olimpiade.

"Mari kita semua terus bersatu di belakang semangat dan cita-cita yang dicontohkan Hidilyn, saat ia secara simbolis membanggakan seluruh negeri 26 Juli lalu: ketekunan, tekad, patriotisme, dan kemauan serta semangat untuk menggapai mimpinya," lanjut ibu wali kota.

Menurut laporan CNBC News, berkat medali emas ini Diaz akan menerima 33 juta peso atau sekitar Rp 8,6 miliar dari pemerintah, beberapa pebisnis, serta politisi top Filipina.

Sebanyak 10 juta peso atau Rp 2,8 miliar bakal datang langsung dari Komisi Olahraga Filipina sesuai mandat hukum negara Presiden Rodrigo Duterte tersebut.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/02/221510970/viral-foto-pejabat-filipina-lebih-besar-dari-peraih-emas-olimpiade-apakah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke