Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UPDATE Korban Tewas akibat Longsor dan Banjir di India Capai 125 Orang

NEW DELHI, KOMPAS.com – Hujan deras yang melanda beberapa wilayah di India memicu banjir bandang dan tanah longsor.

Sedikitnya 125 orang dinyatakan tewas akibat bencana tersebut sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (24/7/2021). Di sisi lain, tim penyelamat terus berupaya melakukan evakuasi.

Beberapa ahli mengatakan, di negara bagian Maharashtra, terjadi hujan terlebat dalam 40 tahun terakhir.

Hujan yang berlangsung beberapa hari di sana sangat memengaruhi kehidupan ratusan ribu orang, sementara sungai-sungai besar terancam meluap.

Di Taliye, sekitar 180 km sebelah tenggara kota Mumbai, jumlah korban tewas sedikitnya sebanyak 42 orang akibat tanah longsor.

"Sekitar 40 orang masih terjebak. Kemungkinan menyelamatkan mereka hidup-hidup sangat tipis karena mereka telah terperangkap dalam lumpur selama lebih dari 36 jam," kata seorang pejabat yang menolak disebutkan namanya.

Selain India, cuaca ekstrem juga melanda beberapa bagian dunia dalam beberapa pekan terakhir.

China dan Eropa dilanda banjir bandang sedangkan Kanada dan AS wilayah utara diserang gelombang panas.

Situasi ini meningkatkan kekhawatiran terbaru tentang dampak dari perubahan iklim.

Beberapa wilayah di pantai barat India diguyur hujan lebat sehingga pihak berwenang mengevakuasi orang-orang dari daerah rentan saat mereka membuka air bendungan yang akan meluap.

Di sisi lain, tim penyelamat terus mencari korban tanah longsor di empat wilayah di negara bagian Maharashtra.

"Sekitar 90.000 orang diselamatkan dari daerah yang diterjang banjir," kata pemerintah Maharashtra dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, ribuan truk terjebak selama lebih dari 24 jam di jalanan yang menghubungkan Mumbai dengan Bengaluru. Beberapa ruas jalan terendam air bah sangat parah.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, dia sangat sedih mendengar ada banyak korban tewas akibat bencana tersebut.

"Situasi di Maharashtra karena hujan lebat sedang dipantau secara ketat dan bantuan diberikan kepada yang terkena dampak," kata Modi di Twitter pada Jumat (23/7/2021).

Di negara bagian Telangana, hujan lebat menyebabkan banjir di Hyderabad serta daerah dataran rendah lainnya.

Sejumlah ahli lingkungan India telah memperingatkan bahwa perubahan iklim dan pembangunan secara sembarangan di wilayah pesisir dapat memicu lebih banyak bencana.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/24/153256470/update-korban-tewas-akibat-longsor-dan-banjir-di-india-capai-125-orang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke