Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulang Tahun Ratu Elizabeth II Hari Ini Akan Berlalu Tanpa Kemeriahan

LONDON, KOMPAS.com - Ulang tahun Ratu Elizabeth II, raja tertua di dunia, ke-95 tahun berlangsung pada Rabu (21/4/2021), di tengah suasana yang masih berduka karena Pangeran Philip meninggal.

Berbeda dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini tidak ada perayaan publik untuk ulang tahun ratu, yang berlangsung tak lama setelah dia mengucapkan selamat tinggal di pemakaman suaminya yang mendampingi selama 7 dekade.

Pangeran Philip menikah dengan Elizabeth II pada 1947 dan meninggal pada 9 April di usia 99 tahun.

Para bangsawan baru saja memberikan penghormatan terakhir kepada kepala keluarga di pemakamannya pada Sabtu (17/4/2021) di Kastil Windsor.

Selama prosesi pemakaman sang ratu yang berbalut pakaian hitam, terlihat duduk seorang diri, karena aturan Covid-19.

Sementara ini, Ratu Elizabeth II yang juga raja terlama di dunia, akan berada di kastil di hari ulang tahunnya, yang secara tradisional biasanya dirayakan dengan sedikit atau tanpa upacara, menurut laporan yang dilansir dari Reuters pada Rabu (21/4/2021).

Dengan para bangsawan masih menandai hari berkabung selama 2 pekan, maka perayaan ulang tahun ratu akan berlalu tanpa kemeriahan.

Tidak akan ada penghormatan senjata di Menara London atau taman Hyde di ibu kota London, yang biasanya terjadi pada hari ulang tahun ratu.

Namun, ratu memiliki hari ulang tahun resmi, yang biasanya dirayakan dengan kemegahan yang lebih besar pada Sabtu kedua pada Juni.

Saat ini, kematian Duke of Edinburgh masih menyisakan duka mendalam bagi ratu, karena ia adalah orang terdekat dan paling dipercaya ratu, yang telah mendampingi selama 69 tahun masa pemerintahannya.

Surat kabar setempat memperkirakan bahwa anggota keluarga Kerajaan Inggris akan mengunjungi Ratu Elizabeth II selama beberapa hari mendatang, untuk memastikan dia tidak merasa sendiri saat berduka.

Seorang juru bicara Istana Buckingham menolak berkomentar, mengatakan semua urusan keluarga Kerajaan Inggris setelah pemakaman Pangeran Philip akan bersifat pribadi.

Elizabeth, yang lahir pada 21 April 1926, di Bruton Street, London pusat, tumbuh besar tanpa menyangka akan menjadi ratu.

Ayahnya, George VI, menjabat menjadi raja menggantikan kakak laki-lakinya, Edward VIII, yang turun tahta pada 1936, karena menikahi janda Amerika, Wallis Simpson.

Elizabeth II naik tahta pada 1952 pada usia 25 tahun dan kini ia telah mencatatkan rekor menjadi raja paling lama menjabat, melampaui nenek buyutnya, Ratu Victoria yang menjabat 61 tahun (1840-1901).

Elizabeth II ini juga merupakan ratu dari 15 negara bekas jajahan Inggris termasuk Kanada, Australia dan Selandia Baru.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/21/113443770/ulang-tahun-ratu-elizabeth-ii-hari-ini-akan-berlalu-tanpa-kemeriahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke