Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dokter Tak Bisa Masuk Rumah Sakit Tempat Navalny Dirawat

Akses dokter ditolak pada Selasa (20/4/2021) ketika mengunjungi rumah sakit khusus narapidana di koloni penjara lokasi Navalny ditahan.

Navalny (44) mogok makan sejak 31 Maret dan tim medisnya akhir pekan lalu memperingatkan kesehatannya menurun cepat, sehingga bisa mati kapan pun.

Navalny mogok makan untuk memprotes pelayanan medis yang tidak memadai atas sakit punggung parah dan mati rasa di anggota tubuhnya.

Dinas penjara Rusia yang berulang kali melarang dokter Navalny mengunjunginya, pada Senin (19/4/2021) memindahkan pemimpin oposisi itu ke fasilitas medis di koloni lain dalam wilayah sama.

Sebuah tim medis termasuk dokter pribadinya, Anastasia Vasilyeva, melakukan beragam upaya untuk menemui Navalny tetapi selalu ditolak.

Selasa pagi ini tim sekali lagi dilarang bertemu dengannya, dan diberitahu untuk datang pada lain hari.

"Ini sangat tidak menghormati orang yang datang untuk memenuhi tugas kemanusiaan mereka, tugas medis untuk membantu pasien," ujar Vasilyeva kepada AFP di luar koloni.


Pengacara Navalny juga berkunjung ke koloni hari ini tetapi diizinkan masuk, menurut laporan wartawan AFP di lokasi.

Navalny menjalani hukuman penjara 2,5 tahun karena melanggar persyaratan pembebasan bersyarat atas tuduhan penipuan, yang menurutnya bermotif politik.

Pemimpin oposisi Rusia itu ditangkap sekembalinya dari Jerman, di mana dia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memulihkan diri dari keracunan racun saraf Novichok.

Navalny menuding serangan itu diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin, tetapi berulang kali dibantah Kremlin.

Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi ke Rusia atas insiden keracunan tersebut, dan pada Senin (19/4/2021) mengancam Moskwa dengan hukuman lebih lanjut jika Navalny tewas.

Timnya pada akhir pekan mengatakan, tes darah menunjukkan kadar kalium dan kreatinin tinggi, menunjukkan Navalny mungkin menderita gangguan fungsi ginjal dan berisiko terkena serangan jantung.

Namun dinas penjara Rusia pada Senin mengatakan kondisinya bagus, meski memindahkannya ke fasilitas medis.

Mereka berkata, Alexei Navalny mengonsumsi suplemen vitamin sebagai bagian dari perawatan medis.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/20/172803070/dokter-tak-bisa-masuk-rumah-sakit-tempat-navalny-dirawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke