Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Joe Biden Dikabarkan Izinkan Transgender Daftar Tentara AS

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden siap untuk mencabut larangan terhadap transgender yang mendaftar di militer AS.

Hal itu diungkapkan oleh sorang sumber yang mengetahui masalah tersebut sebagaimana dilansir dari Reuters, Senin (25/1/2021).

Sumber tersebut, yang berbicara kepada Reuters secara anonim, mengatakan Biden dapat mencabut larangan tersebut secepatnya pada Senin.

Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai kabar tersebut.

Rencana tersebut menandai upaya terbaru oleh pemerintahan Biden untuk membatalkan banyak kebijakan mantan Presiden AS Donald Trump.

Trump mengumumkan larangan penerimaan transgender di dinas milier AS pada Juli 2017, membalikkan keputusan penting oleh pendahulunya, Barack Obama.

Obama sebelumnya membuat kebijakan yang memungkinkan transgender berdinas secara terbuka dan menerima perawatan medis untuk jenis kelamin transisi.

Menurut data Kementerian Pertahanan AS, ada sekitar 1,3 juta personel aktif yang bertugas di militer “Negeri Paman Sam”.

Tetapi, tidak ada angka resmi tentang jumlah personel transgender di militer AS yang tersedia.

Sejak Trump memutuskan melarang militer AS merekrut transgender, personel militer transgender yang terlanjur masuk ke dalam angkatan bersenjata tetap diizinkan bertugas.

Rencana Biden untuk mencabut larangan tersebut didukung oleh Menteri Pertahanan AS yang baru saja dikonfirmasi oleh Senat AS, Lloyd Austin.

"Jika Anda bugar dan memenuhi syarat untuk mengabdi dan Anda dapat mempertahankan standar, Anda diizinkan untuk mengabdi. Dan Anda dapat mengharapkan bahwa saya akan mendukungnya selama ini," kata Austin.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/25/201533970/joe-biden-dikabarkan-izinkan-transgender-daftar-tentara-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke