Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trump Beri Ampunan Hukum 29 Orang Termasuk Charles Kushner, Ayah dari Menantunya Jared Kushner

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Donald Trump pada Rabu (23/12/2020) telah mengampuni dan mengurangi hukuman untuk 29 orang, termasuk Paul Manafort, Roger Stone, dan Charles Kushner, ayah dari menantunya, Jared Kushner.

Trump mengampuni mantan ketua kampanyenya Paul Manafort, yang dihukum sebagai bagian dari penyelidikan Robert Mueller tentang campur tangan Rusia dalam pemilihan AS 2016.

Melansir ABC News pada Rabu (23/12/2020), pengampunan Trump terhadap Manafort, mantan ketua kampanyenya, membuat ia tidak menjalani sebagian besar masa hukuman penjara 7,5 tahun.

Manafort (70 tahun) adalah orang yang pertama di lingkaran dalam Trump untuk menghadapi tuduhan yang dibawa oleh penasihat khususnya, Robert Mueller.

Presiden Trump telah meringankan hukuman penjara Stone pada Juli, sehari sebelum dia dijadwalkan mulai menjalani hukuman penjara 3 tahun dan 4 bulan.

Stone dihukum pada November 2019 oleh hakim Washington karena berbohong di bawah sumpah kepada Kongres yang juga menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilu 2016.

Kushner, ayah dari menantu Trump, Jared Kushner, dijatuhi hukuman 2 tahun penjara setelah mengaku bersalah pada 2004 atas 18 tuduhan penggelapan pajak, merusak saksi, dan memberikan sumbangan kampanye yang melanggar hukum.

Dalam keadaan yang tidak biasa, pria yang menuntut Charles Kushner adalah Chris Christie, sekarang mantan Gubernur New Jersey, yang juga pernah menjabat sebagai penasihat Trump.

Christie yang dikutip oleh CNN mengatakan kasus Charles Kushner adalah "salah satu kejahatan yang paling menjijikkan" yang dituntutnya.

Tindakan tersebut menambah jumlah orang yang telah diberikan grasi oleh Trump menjadi 49, baik melalui pengampunan atau peringan hukuman, dalam 2 hari terakhir.

Kemarin, dia mengampuni 2 orang yang dihukum dalam penyelidikan penasihat khusus Robert Mueller, mantan anggota Kongres yang merupakan pendukung awal dan mantan kontraktor pemerintah, yang dihukum dalam pembunuhan warga sipil Irak.

Diperkirakan akan datang lebih banyak lagi grasi yang dikeluarkan Trump, seperti yang dilansir dari ABC News.

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/24/103335570/trump-beri-ampunan-hukum-29-orang-termasuk-charles-kushner-ayah-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke